Manfaat Terumbu Karang bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan
Posted by Aktual Press on 14th November 2016
| 1206 views

terumbu-karang-buton1AktualPress.com—  Sebagian besar ekosistem terumbu karang (coral reef) di perairan Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami kerusakan sejumlah 40 persen.

Meski berada dalam kondisi memprihatinkan, ekosistem pesisir di Sultra masih memiliki kesempatan untuk pulih dengan bantuan segenap pihak terkait.

Ada beberapa manfaat terumbu karang bagi kehidupan manusia dan lingkungan yang acap kali terabaikan.

Terumbu karang tidak hanya menjadi tempat hidup dan berkembang biota laut belaka, tapi juga mempunyai fungsi dan peran yang tidak bisa diremehkan bagi lingkungan secara keseluruhan, serta bagi kehidupan manusia.

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi

Secara ekologi, terumbu karang memiliki manfaat antara lain :

  1. Penunjang Kehidupan
    Sebagai sebuah ekosistem, secara langsung terumbu karang menjadi penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai biota laut. Oleh karena itu, rusaknya terumbu karang akan berpengaruh langsung bagi kelangsungan hidup dan kelestarian berbagai hewan dan tumbuhan di laut.
  2. Sumber Keanekaragaman Hayati yang Tinggi
    Terumbu karang menjadi ekosistem dengan biodiversitas (keanekaragaman hayati) yang tertinggi dibanding ekosistem laut lainnya. Dengan tingkat biodiversitas yang tinggi maka terumbu karang menjadi sumber keanekaragaman genetik dan spesies. Keanekaragaman genetik menjadikan ditemukannya keberagaman variasi makhluk hidup yang memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi. Sedangkan keanekaragaman spesies berarti akan semakin banyak jenis biota yang dapat dimanfaatkan.
  3. Pelindung Pantai dan Pesisir
    Terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau merupakan ekosistem yang saling terkait dalam melindungi pantai dan daerah pesisir. Terumbu karang mampu memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan. Energi ini kemudian diperkecil lagi dengan adanya padang lamun dan hutan bakau (mangrove). Sehingga ombak tidak merusak pantai atau menyebabkan abrasi pantai, serta ekosistem di pantai pun dapat terlindungi.
  4. Mengurangi Pemanasan Global
    Gas CO2, selain diserap oleh hutan, juga diserap oleh air laut. Melalui reaksi kimia dan batuan karang, CO2 akan diubah menjadi zat kapur yang bahan baku terumbu. Dalam proses yang disebut sebagai kalsifikasi ini, karang dibantu oleh zooxanthellae, tumbuhan bersel satu yang hidup di dalam jaringan tubuh karang.

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekonomi

Manfaat terumbu karang secara ekonomi tersebut antara lain:

  1. Sumber Makanan
    Terumbu karang menjadi tempat hidup dan berkembang biak berbagai biota laut. Tidak sedikit diantara biota tersebut yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber makanan oleh manusia. Seperti rumput laut yang dijadikan agar-agar, berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dan teripang.
  2. Sumber Bahan Dasar untuk Obat dan Kosmetik
    Berbagai jenis alga dimanfaatkan dalam pembuatan kosmetik dan bahan pembungkus kapsul. Berbagai hewan laut pun diketahui memiliki senyawa kimia yang berguna sebagai bahan antibiotika, anti radang, dan anti kanker. Selain itu, masih banyak lagi berbagai jenis biota laut yang belum tergali potensinya.
  3. Sebagai Objek Wisata
    Keindahan ekosistem terumbu karang membuat takjub wisatawan. Berbagai kawasan terumbu karang dijadikan Taman Laut, lokasi snorkeling dan menyelam, dan wisata laut lainnya.
  4. Sumber Mata Pencaharian
    Keberadaan terumbu karang menunjang perekonomian masyarakat sekitar. Masyarakat memiliki mata pencaharian baik sebagai nelayan, petani rumput laut, dan sebagainya. Pengembangan terumbu karang ,menjadi objek wisata pun mampu menciptakan berbagai lapangan pekerjaan bagi masyarakat mulai dari pemandu wisata, penginapan, penyewaan kapal, warung makan dan cinderamata, serta profesi-profesi lainnya.
  5. Sumber Bibit Budidaya
    Berbagai jenis ikan, teripang, dan rumput laut yang hidup di terumbu karang dapat dimanfaatkan sebagai bibit untuk budidaya.

Manfaat Terumbu Karang Secara Sosial

Secara sosial terumbu karang memiliki manfaat yang antara lain:

  1. Penunjang Kegiatan Pendidikan dan Penelitian
    Terumbu karang bermanfaat dalam kegiatan pendidikan terutama untuk mengenal ekosistem pesisir, mengenal tumbuhan dan hewan laut, dan pendidikan cinta alam. Selain itu terumbu karang berperan juga sebagai sarana penelitian.
  2. Sarana Rekreasi Masyarakat
    Terumbu karang dapat dijadikan sarana rekreasi oleh masyarakat karena keindahannya.

Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan dan berada pada wilayah iklim tropis, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan terumbu karang.

Sekitar 1/8 terumbu karang yang ada di dunia terdapat di perairan Indonesia, wilayah barat hingga wilayah timur. Luas keseluruhan terumbu yang ada pada perairan Indonesia adalah sekitar lebih dari 60.000 km².

Hal ini menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman biota laut yang lebih banyak dibandingkan dengan negara lainnya di dunia, serta menjadi pusat sebaran dari jenis karang yang ada di dunia.

Di Indonesia terdapat sekitar lebih dari 350 spesies karang scleractinian dan 263 spesies ikan hias laut yang hidup didalamnya.

Variasi bentuk pertumbuhan karangnya pun sangat kompleks dan luas. Namun sangat disayangkan banyakterumbu karang di Indonesia sudah mengalami kerusakan, salah satu yang terbesar di Sultra. (Zainab)

SHARE THIS: