Ekspor Teh Menyusut, Indonesia Impor Teh Kualitas Rendah
Posted by @Redaksi on 21st November 2016
| 331 views

aktualpress-kebun-tehAktualPress, Indonesia – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat ekspor teh Indonesia ke negara-negara lain terus mengalami penurunan. Bukan karena permintaan dunia yang rendah, melainkan produksinya yang mengalami penurunan, akibat terbatasnya lahan perkebunan.

“Areal atau lahan teh yang terus mengecil, menyebabkan produksi tidak bisa meningkat,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Marjokodalam acara Forum Ekspor Tahun 2016 bertema ‘Peran Komoditi Teh Indonesia di Era Persaingan Global’, di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (21/11) dilansir dari Katadata.

Akibat penurunan produksi, ekspornya pun menurun, terutama tahun ini. Kemendag mencatat sepanjang Januari-September tahun ini ekspor teh hanya mencapaiUS$ 86,35 juta, atau turun17,211 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu US$ 104,30 juta.

Penurunan produksi ini menyebabkan pemerintah terpaksa harus mengimpor teh ke dalam negeri. Itu pun teh kualitas rendah. Dosen Universitas Indonesia (UI) Riant Nugroho mengatakan, produksi teh nasional terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Alhasil, Indonesia harus melakukan impor teh yang akan digunakan demi menutupi kekurangan bahan baku industri teh nasional.

“Yang diimpor adalah teh dengan kualitas rendah dan harga murah,” ujar Dosen Universitas Indonesia (UI) Riant Nugroho.

Asosiasi Teh Indonesia, Indonesia mencatat pada 2014 lonjakan impor teh terjadi dengan volume 24 ribu ton. Namun, angkanya turun pada tahun lalu menjadi sekitar 15 ribu ton. Padahal 10 tahun lalu realisasi impornya hanya 3 ribu ton. “Untuk tahun 2016 relatif sama dengan tahun lalu, sekitar 15-16 ribu ton,” terang Ketua Umum Asosiasi Teh Indonesia Dede Kusdiman. (Muhammad)

SHARE THIS: