Pemerintah Ungkap Indonesia Sudah Mandiri Benih
Posted by Aktual Press on 15th December 2016
| 526 views

benih-tanaman-reuters-300x200AktualPress.com— Direktur Perbenihan Hortikultura Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Sri Wijayanti Yusuf mengungkapkan Indonesia telah mandiri benih untuk sebagian besar produk hortikultura.

Pemerintah memfokuskan pada impor benih sebagai upaya memperkaya plasma nutfah benih Indonesia melalui teknologi pemuliaan.

Kementan menyatakan pelaksanaan impor benih hortikultura bertujuan untuk memperkaya varietas benih di dalam negeri, sekaligus menurunkan harga komoditas hortikultura saat terjadi lonjakan.

Ia pun mencatat Indonesia sudah mengekspor benih cabai rata-rata 4.000 kilogram per tahun. Menurutnya, benih yang diimpor merupakan benih unggul yang sebelumnya telah melewati serangkaian uji keunggulan.

“Impor kita sedikit sekali, tidak lebih 3% dari kebutuhan benih nasional. Cabai dan bawang sudah mandiri, kentang granola juga sudah. Kalau kentang atlantis kita memang masih impor benihnya sebagian karena sudah ada yang diproduksi di dalam negeri,” ujar Sri di Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Ia menyebut untuk benih yang dimasukkan secara legal, petani tidak perlu khawatir karena benih tersebut telah diperiksa oleh Badan Karantina, serta terjamin bebas dari penyakit.

Senada, Ketua Umum Dewan Bawang Merah Indonesia (DBMI) Mudatsir menyebut impor benih komoditas itu selama ini memang terbilang kecil karena dapat dipenuhi dari dalam negeri.

Ia optimis Indonesia mampu tidak impor benih bawang selama pasokan dan kebutuhannya lebih ditata.

“Kalau kita siapkan sejak awal, kebutuhannya tidak akan kurang. Selama ini impor 1.000-an ton itu karena kita tidak hitung-hitung [tidak memperkirakan]. Tahun 2017 saya harap tidak lagi impor karena kami bisa penuhi sendiri,” ujar Mudatsir.

Investasi petani hortikultura lebih tinggi daripada petani tanaman pangan, dengan biaya per ha mencapai Rp90 juta. (Zainab)

 

SHARE THIS: