Survei BATAN: 77,53 Persen Publik Setuju Pembangunan Pembangkit Nuklir
Posted by Aktual Press on 16th January 2017
| 387 views

BATANAktualPress.com— Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan 77,53 persen publik setuju terhadap rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), sementara 22,47 persen tidak setuju.

Sebagaimana dikutip dari data yang diterbitkan‎ BATAN, di Jakarta, Minggu (15/1/2017), survei tersebut dilakukan terhadap 4 ribu orang responden, terletak di 300 desa atau kelurahan di 34 Provinsi.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, menunjukan adanya keyakinan PLTN akan dapat berkontribusi untuk ‎memenuhi harapan masyarakat.

BATAN berupaya berkontribusi terhadap peningkatan kehandalan pasokan listrik, sehingga terjadi kestabilan dan tidak ada pemadaman. Selain itu, harga listrik yang lebih murah sehingga lebih terjangkau.

Alasan lain masyarakat yang menyetujui pembangunan PLTN adalah terbukanya lapangan kerja, sehingga akan memberikan dampak postif terhadap perekonomian negara.

Selain itu, pembangunan PLTN berimplikasi pada adanya pertukaran teknologi, sehingga ada transfer pengetahuan dan pengalaman.

Pembangunan PLTN diharapkan juga dapat mengurangi emisi, karena nuklir merupakan energi yang menghasilkan polusi rendah.

Kemampuan sumber daya manusia Indonesia dalam mengelola PLTN juga menjadi alasan ‎masyarakat menyetujui.

Kemudian alasan lainnya adalah pembangunan PLTN sudah menjadi program Pemerintah yang harus dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat.

Survei tersebut menunjukkan bahwa mayoritas publik setuju dengan pemanfaatan teknologi nuklir selama digunakan untuk pemberdayaan yang positif. (Zainab)

SHARE THIS: