Tolak Digusur, Warga Ancam Blokade Rel Stasiun Manggarai
Posted by redaksi2 on 26th April 2017
| 105 views
Sumber: Viva.co.id
Sumber: Viva.co.id

AktualPress.com˗˗ Ratusan warga Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, mengancam memblokade rel kereta api di Stasiun Manggarai jika ada upaya paksa dari aparat keamanan terkait rencana penggusuran untuk proyek DDT Manggarai-Soekarno Hatta.

Saat ini ratusan warga sudah berkumpul di area tersebut untuk bersiap-siap menolak rencana paksa penggusuran PT Kereta Api Indonesia (Persero). Personel TNI dan Brimob juga sudah berada di area stasiun wilayah tersebut sejak pagi tadi.

Kuasa hukum warga Nurharis Wijaya, Rabu 26 April 2017, mengatakan, tindakan blokade ini akan dilakukan jika pihak KAI tidak kooperatif dan melibatkan aparat yang bukan kewenangannya.

Sebelumnya, warga Manggarai telah melaporkan rencana penggusuran tersebut ke Komnas HAM dan Ombudsman.

Nurharis, yang juga berada di lokasi, melaporkan saat ini warga telah menutup akses jalan Dr Saharjo di dua lokasi. Kini warga masih berkumpul di satu titik dan sebagian melakukan orasi untuk melakukan penolakan penggusuran.

PT KAI akan membangun proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Soekarno Hatta. Kereta yang akan beroperasi ditargetkan akan mengangkut 33.000 penumpang per hari atau sekitar 20 persen dari jumlah penumpang bandara.

Dalam dokumen resminya, BUMN itu menyatakan ada 11 bangunan yang akan digusur seluas 1.150 meter persegi. Ini terdiri dari empat bangunan hunian dan satu bangunan berupa bengkel sekaligus area parkir di RT 1 RW 12. Lainnya adalah enam bangunan hunian di RT 2 RW 12.

Rencananya, KAI akan menggunakan Satuan Pengamanan Daop 1, Perwira Pembina Polisi Khusus Kereta Api, serta Bintara Pembina Polisi Khusus Kereta Api.

Selain itu, perusahaan itu juga menunggu hasil Cipta Kondisi dari tiga pihak, yaitu Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah terkait dengan upaya sosialisasi. (Sihab/CNN)

SHARE THIS: