Perpustakaan Al-Qarawiyyin, Tertua Di Dunia
Posted by Lestari on 15th May 2017
| 361 views

Perpustakaan KunoAktualPress.com – Selain Bayt Al-Hikmah di Kairo, ada pula perpustakaan Al-Qarawiyyin di Maroko yang dinobatkan sebagai perpustakaan tertua di dunia. Perpustakaan ini terletak di kawasan Universitas Al-Qarawiyyin. Demikianlah penobatan UNESCO atas perpustakaan yang masih berjalan lancar hingga saat ini, bahkan semakin lengkap dengan koleksi buku-buku digitalnya.

Perpustakaan Al-Qarawiyyin terletak di Fez, bekas ibukota Maroko. Perpustakaan tertua ini dibangun pada tahun 859 M oleh seorang sarjana perempuan muslim progresif bernama Fatima al-Fihri yang merupakan anak saudagar kaya dari Tunisia. Di dalamnya, terdapat 4.000 manuskrip mengenai hukum, sejarah, dan ajaran Islam. Dahulu, perpustakaan ini tertutup untuk publik, namun karena dorongan dari menteri kebudayaan Maroko, perpustakaan ini pun kemudian dibuka untuk publik. Siapapun bisa mengakses koleksi manuskrip yang ada.

Pada tahun 2016 lalu, perpustakaan ini dipugar dengan mendigitalisasi semua koleksi manuskrip di dalamnya. Upaya ini dilakukan untuk melindungi dan menjaga koleksi-koleksi klasik yang amat penting untuk pengetahuan dunia.

Proyek digitalisasi tersebut melibatkan kerjasama antara pihak perpustakaan dengan Institute of Computational Linguistics (ICI) dari Italia. Salah satu perwakilan ICI, Vito Pirelli, mengatakan bahwa 20 persen manuskrip sudah dipindai dengan mesin yang juga bisa mendeteksi lubang dalam manuskrip kuno yang membutuhkan perbaikan.

Dikutip dari Nasional Geographic bahwa perpustakaan ini menyimpan manuskrip dan tulisan tertua milik Nabi Muhammad Saw. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan naskah Al-Qur’an yang berasal dari abad ke-9 M, sehingga sangat layak jika perpustakaan ini menjadi kiblat bagi para pakar sejarah dunia dan menjadi salah satu pusat peradaban dan pengembang kebudayaan terkemuka di dunia Islam. (AL/Tirto/NG)

SHARE THIS: