Stephen Hawking: Manusia Punya Waktu 100 Tahun Untuk Mencari Planet Lain Atau Mati
Posted by Lestari on 25th May 2017
| 167 views

Kerusakan DuniaAktualPress.com – Profesor Stephen Hawking telah meminta umat manusia untuk memperbesar upayanya dalam mencari planet lain yang bisa ditinggali, karena Bumi tidak bisa ditingggali lagi dalam kurun waktu 100 tahun ke depan.

Kehancuran dunia pasti akan terjadi, sudah terlihat tanda-tandanya. Hawking berpendapat bahwa karena perubahan iklim, serangan asteroid  yang terlambat, epidemi, dan pertumbuhan populasi yang kian meningkat, manusia harus segera menemukan planet baru untuk tempat tinggal.

“Saya sangat yakin bahwa kita harus mulai mencari planet alternatif sebagai tempat tinggal. Kita kehabisan tempat di Bumi. Kita harus menerobos keterbatasan teknologi yang menghalangi kita tinggal di planet lain di alam semesta. Saya tidak sendirian dalam pandangan ini,” ujar Hawking.

Tahun 2015, Hawking menegaskan bahwa manusia tidak akan bertahan dalam waktu 1000 tahun ke depan, kecuali mereka menemukan jalan untuk meninggalkan Bumi. Program eksplorasi luar angkasa sedang dikembangkan di Rusia dan AS, meskipun mereka membutuhkan waktu setengah abad untuk merampungkannya.

Seorang ilmuan peraih nobel, Edvard Moser, menekankan betapa pentingnya ilmu pengetahuan dan sains di lingkungan masyarakat, agar mereka pun ikut terlibat dalam mencari solusi untuk kehidupan bersama-sama. Ia pun mengecam sentimen anti-ilmu yang sedang berkembang di seluruh dunia sejak kehadiran Trump.

Sejak Trump menjabat pada bulan Januari lalu, pemerintahannya telah menghapus kebijakan dan referensi perubahan iklim dari situs web Gedung Putih, sehingga ribuan ilmuan berbaris untuk memprotes kebijakannya.

Manusia bertanya tentang kapan akhir dunia. Banyak ilmuan menjawab dengan berpatokan pada ‘Argumen Doomsday’ yang memprediksi kemungkinan manusia akan punah dalam 9120 tahun. Matahari diperkirakan akan meningkat dalam luminositas sebesar 10 persen dalam 800 juta tahun mendatang, yang akan menyebabkan beberapa perubahan klimaks, sehingga membuat kelangsungan kehidupan di Bumi rusak. Bahkan galaksi Andromeda (jauhnya 2,5 juta tahun cahaya) diprediksi akan bertabrakan dengan galaksi kita, galaksi Bima Sakti, yang akan mengganggu tarikan gravitas, dan pada gilirannya akan melenyapkan manusia. (AL/Sputnik)

SHARE THIS: