Retakan Gunung Es Di Antartika Kian Besar
Posted by Lestari on 3rd June 2017
| 155 views

Retakan Larsen CAktualPress.com – Retakan Larsen C Di Antartika akan membahayakan salah satu gunung es terbesar yang pernah ada, telah berubah arah secara drastis. Demikian laporan yang dilansir Sputnik pada Jumat (2/6).

“Retakan telah menyebar 16 km lebih jauh, dengan belokan kanan yang signifikan, bergerak ke ujung 13 km dari tepi es,” jelas Prof. Adrian Luckman dari Universitas Swansea. Musim kemarau gunung es mungkin sekarang menjadi sangat dekat, tambahnya.

Retakan makin meluas sekitar 200 km, menelusuri garis besar gunung es, mencakup sekitar 5.000 km persegi. Ini adalah sebuah area yang luasnya sekitar seperempat ukuran negara Wales. Lonjakan retakan terjadi antara tanggal 25 dan 31 Mei, seperti yang dilaporkan oleh satelit Sentinel 1 dari Uni Eropa. Visi radar mereka terus mengawasi Benua Putih tersebut.

Ketika musim gugur gunung es tiba, blok-blok mungkin akan hanyut secara berangsur-angsur dari lapisan es.

“Ini tidak mungkin cepat karena Laut Weddell penuh dengan es laut, tapi pasti akan lebih cepat daripada beberapa bulan terakhir, tergantung pada arus dan angin,” tambahnya lagi. (AL/Sputnik)

SHARE THIS: