Bahaya Obesitas: Penyakit dan Kematian
Posted by Lestari on 13th June 2017
| 54 views

Orang gemukAktualPress.com – Sebuah penelitian berskala luas telah mengungkapkan bahwa hampir sepertiga populasi dunia menderita obesitas dan akibatnya menderita penyakit yang beraneka ragam.

Temuan penelitian yang dilakukan di 195 negara selama periode 35 tahun menunjukkan bahwa sekitar 4 juta orang telah kehilangan nyawanya pada tahun yang sama akibat penyakit seperti; kardiovaskuler, diabetes, kanker, dan penyakit lainnya yang terkait obesitas dan kelebihan berat badan.

Penelitian yang dilakukan oleh Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di Universitas Washington AS menemukan bahwa kematian akibat obesitas mencapai lebih dari 60 persen.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengatakan bahwa penderita obesitas meningkat 2 kali lipat di 73 negara sejak tahun 1980, sehingga digambarkan sebagai “krisis kesehatan publik global yang semakin mengganggu”.

Para ahli mengatakan bahwa diet yang buruk dan gaya hidup yang tidak banyak berpindah-pindah terutama disebabkan oleh meningkatnya jumlah orang yang kelebihan berat badan. Urbanisasi dan pembangunan ekonomi juga memuncak dalam pertumbuhan tingkat obesitas di negara-negara miskin, dimana sebagian penduduknya kekurangan makanan sehat, karena mereka lebih memilih makanan olahan atau cepat saji dibading makanan tradisional dan kaya sayuran.

“Orang-orang mengkonsumsi lebih banyak makanan olahan atau cepat saji yang mengandung gula dan lemak tinggi dan kurang berolahraga,” kata Boitshepo Bibi Giyose, petugas nutrisi senior di Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO). (AL/Presstv)

SHARE THIS: