BPS: Indeks Perilaku Anti Korupsi Naik Jadi 3,71
Posted by redaksi2 on 16th June 2017
| 49 views
Sumber: Kompas
Sumber: Kompas

AktualPress.com— Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) 2017 sebesar 3,71 poin dari skala 0 sampai 5 yang lebih besar jika dibandingkan di tahun 2015 yang 3,59.

Data IPAK yang semakin tinggi menunjukan bahwa masyarakat sudah sadar dan anti korupsi. Adapun jika semakin rendah dan mendekati angka nol maka perilaku masyarakat semakin dekat dengan korupsi.

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Sairi Hasbullah, Jakarta, Kami (15/6), mengatakan, Indeks Perilaku Anti Korupsi Indonesia 2017 sebesar 3,71 dari skala nol sampai lima. Ini membuktikan bahwa Indonesia cenderung sudah anti korupsi.

Dalam Survei ini, baik sisi indeks persepsi maupun indeks pengalaman menunjukan peningkatan. Selain itu, indeks anti korupsi masyarakat perkotaan cenderung lebih tinggi sebesar 3,86 dibanding masyarakat pedesaan sebesar 3,53.

Survei IPAK 2017 ini dilakukan sejak Februari lalu yang mecakup 33 provinsi dan menggunakan sampel 10.000 rumah tangga. Survei ini bertujuan untuk mengukur tingkat permisifitas masyarakat terhadap perilaku korupsi dengan menggunakan Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK).

Meskipun begitu, IPAK hanya mengukur perilaku masyarakat terhadap tindakan korupsi skala kecil. Data yang dikumpulkan mencakup pendapat terhadap kebiasaan di masyarakat dan pengalaman berhubungan dengan layanan publik mulai dari perilaku penyuapan, pemerasan, dan nepotisme. (Sihab/Kompas/Sindonews)

 

SHARE THIS: