Makanan Bebas Gluten Beresiko Tingkatkan Obesitas
Posted by Lestari on 18th June 2017
| 20 views

Roti GlutenAktualPress.com – Penelitian terbaru menemukan bahwa roti dan biskuit yang tidak mengandung gluten, memiliki lebih banyak asam lemak. Gluten adalah sejenis protein yang terdapat pada gandum dan tepung. Gluten mengandung komponen protein yang disebut peptida. Kebanyakan orang diet menghindari gluten karena alasan kesehatan.

Diet menghindari gluten memang sangat penting bagi orang-orang yang memiliki penyakit coealic atau alergi. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa diet menghindari gluten pun dapat menyebabkan obesitas karena produk bebas gluten benar-benar mengandung lebih banyak asam lemak dan lipid.

Hasil penelitian tersebut dipresentasikan dalam kongres tahunan European Society for Pediatric Gastroenterology Hepatology and Nutrition dengan menyelidiki lebih dari 1.300 produk.

Para peneliti menemukan bahwa roti yang tidak mengandung gluten memiliki kandungan lipid yang jauh lebih tinggi. Pasta dan biskuit yang tidak mengandung gluten pun memiliki jumlah kandungan lipid (lemak, lilin, minyak, vitamin tertentu, non protein) yang lebih tinggi daripada kandungan proteinnya.

Ketidakseimbangan tersebut akan menyebabkan obesitas, terutama pada anak-anak. Penelitian utama Dr. Joaquim Calvo Lerma menyatakan bahwa makanan yang tidak mengandung gluten harus diformulasikan ulang agar makanan tersebut memiliki nutrisi yang sama dengan makanan yang mengandung gluten.

Semakin banyak orang yang diet menghindari gluten karena alasan kesehatan, yaitu; untuk mengatasi gangguan peradangan usus kecil dengan gejalanya berupa diare, sakit perut, dan kembung. Akibatnya, semakin banyak orang yang alergi terhadap gluten. Padahal, kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan bergluten pun sangat tinggi, akibatnya obesitas semakin banyak menyerang orang di masa modern ini.

Solusi terbaik adalah mengganti makanan yang tidak bergluten dengan makanan yang mengandung gizi yang baik, dan harus setaraf dengan gizi protein makanan yang bergluten.

“Nilai gizi dari produk yang tidak mengandung gluten sangat bervariasi. Komposisinya harus ditunjukkan dengan jelas,” ucap Dr. Martinez-Barona, rekan peneliti.

“Konsumen juga harus diberi panduan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang komposisi produk bernutrisi agar mereka dapat mengkonsumsi lebih banyak makanan sehat dan melakukan diet yang lebih baik.” (AL/Independent/Kompas)

Facebook Comments

Baca Juga:

Aset Negara Terancam Jadi Jaminan Utang AktualPress, Jakarta – Indonesia makin dililit utang. 2016, utang luar negeri pemerintah bahkan dilaporkan mendekati jumlah hutang swasta. Hal ini ten...
Bulog Akan Beralih ke Bantuan Pangan non Tunai (sumber: bulog.co,id) AktualPress.com—Rencana pemerintah mengganti kebijakan distribusi beras sejahtera (Rastra) ke bantuan pangan non tunai per J...
Penelitian Baru: Minyak Kelapa Tidak Baik Untuk Ke... AktualPress.com – Selama bertahun-tahun, minyak kelapa telah diandalkan sebagai obat atas semua penyakit, seperti; kulit kering, rambut kusut, kegemuk...
Freeport Kooptasi Tambang Papua, Indonesia Tak Ber... Tambang Freeport (foto:Tempo) AktualPress.com— Sekitar 1.000 karyawan PT Freeport Indonesia melakukan mogok kerja sejak Rabu, 28 September 2016. A...
Fisikawan Indonesia Ini Terlibat Perburuan “... Aktualpress.com-- Indonesia patut berbangga karena memiliki seorang peniliti dan fisikawan kelas dunia yang terlibat dalam perburuan Higgs Boson atau ...
Kemdag Rilis Aturan Harga Acuan Pangan Sumber: Kompas AktualPress.com—Kementerian Perdagangan merilis Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 27/M-DAG/PER/5/2017 Tentang Penetap...
SHARE THIS: