Obesitas Tapi Sehat, Tidak Mungkin!
Posted by Lestari on 18th June 2017
| 102 views

obesitasAktualPress.com – Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Birmingham menyatakan bahwa orang yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan) beresiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke dibandingkan orang yang memiliki berat badan normal. Penelitian tersebut melibatkan 3,5 juta warga Inggris yang diidentifikasi satu per satu.

Hasil penelitian tersebut dipresentasikan ke dalam Kongres Obesitas Eropa di Porto, Portugal. Para peneliti menganalisis data kesehatan para relawan dari mulai tahun 1995 hingga 2015. Semua relawan tersebut memiliki sistem metabolisme yang baik dalam tubuhnya. Meskipun demikian, para peneliti menyelidiki apakah ada gangguan atau penyakit seperti; diabetes, tekanan darah tinggi, lemak darah tak normal.

Para peneliti pun membandingkan apakah resiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, atau penyakit pembuluh darah perifer (PVD) berbeda antara orang yang memiliki berat badan normal dengan warga yang obesitas meskipun sistem metabolisme tubuhnya sehat.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa warga yang mengalami obesitas memiliki resiko penyakit jantung koroner sebesar 50 persen, resiko stroke dan gagal jantung sebesar 7 persen, resiko PVD sebesar 11 persen.

Dr. Rishi Caleyachetty, peneliti utama dari institusi penelitian kesehatan terapan, kuliah ilmu kedokteran dan kedokteran gigi di Birmingham, mengatakan bahwa ini adalah penelitian terbesar mengenai hubungan antara obesitas yang metabolismenya sehat dengan penyakit-penyakit kardiovaskuler.

“Warga yang sehat secara metabolis tetap beresiko tinggi terhadap penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskuler dan gagal jantung, dibandingkan warga yang memiliki berat badan normal…”

“Prioritas para profesional kesehatan harus mempromosikan dan memfasilitasi penurunan berat badan warga obesitas, terlepas dari ada tidaknya kelainan metabolisme.” (AL/Independent)

SHARE THIS: