Kebakaran London, Warga Inggris Tuntut May Bertanggung Jawab
Posted by @Editor on 19th June 2017
| 58 views

ggoAktualpress.com—Pasca kebakaran mematikan di apartemen Grenfell Tower, London, ratusan orang menggelar unjuk rasa pada Jumat lalu untuk menuntut tindakan cepat dari pemerintah Inggris.

Menurut sejumlah pihak, kebakaran di Grenfell Tower disebabkan oleh kelalaian pemerintah dalam membuat desain bangunan yang cacat. Desain ini dipaksa dibuat supaya terlihat indah dan memukau kalangan kaya.

Para demonstran meneriakkan slogan “Kami ingin keadilan!” sembari berjalan bersama menuju balai kota Kensington. Mereka menuntut jawaban dari pihak yang bertanggungjawab memastikan standar keamanan bangunan.

Akibat suasana yang ricuh, Perdana Menteri Theresa May yang sedang berada dekat tempat unjuk rasa, harus melarikan diri di bawah kawalan polisi. Para demonstran meneriakkan “May harus pergi!
dan “Tak tahu malu!”
“Orang-orang selama ini merasa tidak puas dengan respon [pemerintah],” kata Mustafa Almansur, yang mengatur demonstrasi setelah kehilangan temannya di kebakaran.

Unjuk rasa tersebut memasuki balai kota dalam rangka “mencari para eksekutif dan mencari jawaban dari pertanyaan kami,” tambahnya.

Kebakaran yang terjadi di apartemen berlantai 24 di North Kensington, London, Inggris merenggut nyawa 12 orang. Saat itu, ada sejumlah orang yang terbangun untuk sahur disebut membantu membangunkan dan memberi peringatan kebakaran kepada para penghuni apartemen.

Seperti dilansir The Independent, Kamis (15/6/2017), seorang warga penghuni apartemen tersebut mengaku tidak mendengar bunyi alarm saat api berkobar ganas.

Beberapa dari mereka yang sigap memberi peringatan kepada penghuni lainnya kemungkinan adalah warga muslim yang tengah bersantap sahur untuk puasa Ramadan. Diketahui kebakaran terjadi pada Rabu (14/6) pukul 01.29 waktu setempat. Saat kebakaran memang banyak dari penghuni apartemen tengah tidur.

Sebelumnya, seorang saksi mata juga menyebut ada orang-orang yang nekat meloncat saat kebakaran terjadi. Ada 200 petugas dan 40 truk pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi. Selain itu 20 ambulans juga dikirimkan ke lokasi kebakaran. Petugas berhasil menyelamatkan 65 orang dari apartemen.

Dinas Pemadam Kebakaran London dalam pernyataannya menyebut, api membakar nyaris seluruh lantai, mulai dari lantai dua hingga lantai paling atas di Menara Greenfell, kompleks Lancaster West Estate. Api yang berkobar memicu kepulan asap pekat ke udara. (ra/mintpress)

 

SHARE THIS: