Manusia Hasilkan Miliar Ton Limbah Plastik, Para Ilmuan Khawatir
Posted by Lestari on 25th July 2017
| 31 views

AktualPress.com – Para ilmuan di AS memperkirakan bahwa total 8,3 miliar ton plastik telah diproduksi manusia di sepanjang sejarah, dan ini cukup untuk menimbun negara seukuran Argentina. Demikian yang dilansir kantor berita Sputnik pada Senin (24/7).

Penelitian dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California, Santa Barbara. Mereka menemukan pula bahwa separuh dari plastik bumi diproduksi dalam 13 tahun terakhir saja. Meskipun plastik telah diproduksi secara luas sejak tahun 1950-an, produk ini telah mengalami pertumbuhan yang cepat dan diproduksi dengan harga yang “luar biasa”.

Laporan penelitian menyatakan bahwa produksi plastik telah melampaui bahan buatan manusia lainnya, kecuali baja, semen, dan batu bata.

Dari semua plastik yang pernah diproduksi dan dibuang, studi tersebut menyatakan hampir 80 persen telah berakhir di tempat pembuangan akhir atau sebagai limbah lingkungan.

Hanya 9 persen yang telah didaur ulang dan 12 persen diinsinerasi. Studi tersebut memprediksi bahwa jika tren ini berlanjut, akan ada 12 miliar ton sampah plastik pada tahun 2050, setara dengan satu setengah kali semua plastik yang dihasilkan sepanjang sejarah sampai saat ini.

Menurut penelitian, daur ulang plastik telah meningkat di Eropa dan China. Pada tahun 2014, 30 persen sampah plastik didaur ulang di Eropa, dan 25 persen didaur ulang di China.

Plastik digunakan untuk kemasan dan konstruksi agar bisa bertahan selama beberapa dekade.

Tentu hasil penelitian ini menimbulkan kekhawatiran. Plastik mengandung sejumlah besar materi yang tidak bisa terurai. Tanpa strategi khusus dalam merancang plastik di masa kontemporer yang semakin akhir ini, manusia seolah menghancurkan bumi dalam skala global. (AL/Sputnik)

SHARE THIS: