Simulasi Kehidupan Di Planet Lain
Posted by Lestari on 25th July 2017
| 33 views

AktualPress.com – Bumi dipenuhi dengan serbuk sari, spora, racun, dan mikroorganisme yang jinak maupun ganas. Mereka mengikuti manusia kemanapun mereka pergi. Dalam simulasi 30 hari yang bertujuan untuk memahami kehidupan di planet lain, para peneliti NASA menemukan bahwa jamur pun mengikuti mereka dan membangun koloni mereka sendiri. Fenomena ini dicatat oleh para peneliti di Planet Inflatable Lunar / Mars Analog Habitat (ILMAH) milik NASA.

Selama 30 hari simulasi, para peneliti menemukan peningkatan jumlah genus jamur Cladosporium  dari famili Davidielaceae dan jumlah genus jamur Aureobasidium dari famili Dothioraceae. Dua genus tersebut memang dapat bertahan di tempat-tempat tersulit, seperti: Antartika.

Intinya, beberapa jenis jamur – termasuk patogen yang dapat menjajah tubuh manusia dan menyebabkan alergi, asma, dan infeksi kulit telah meningkat jumlahnya.

Temuan ini mungkin tidak mengejutkan, karena bagaimanapun juga jamur mampu berkembang dalam kondisi yang sangat berbeda dengan manusia. Contohnya: Fungi extremophiles yang dapat bertahan dalam kondisi sulit seperti nutrisi rendah, kering, suhu tinggi, asam atau basa, radiasi, bekas ledakan nuklir, dan lingkungan lainnya.

Selama ini, tim peneliti belum 100 persen mengetahui keragaman koloni jamur di sana. Hal ini untuk mempelajari demi kehidupan dan kesehatan manusia di sana ketika kelak memulai misi menjajah planet lain. (AL/Sputnik)

SHARE THIS: