Temukan Esker Di Bawah Lapisan Es Antartika, Ilmuan Ungkap Fenomena Alam
Posted by Lestari on 9th August 2017
| 16 views

AktualPress.com – Baru-baru ini, tim ilmuan yang terdiri dari beberapa negara menemukan daratan esker di bawah lapisan es Antartika. Esker adalah gugusan bukit yang mirip dengan lapisan es di zaman purba. Penemuan ini membuat ilmuan terkejut dengan fenomena alam yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Satelit dan radar mendata bahwa esker yang ditemukan memiliki ukuran yang sangat besar dengan ketebalan 3 kilometer dan sangat tinggi, bahkan ada yang sebesar menara Eiffel.

Sepeti yang dilansir situs Mongabay, bahwa ukuran esker ini tidak hanya sangat besar dan mengejutkan, tetapi juga berperan sebagai kunci stabilitas lapisan es di Kutub Selatan. Tim ilmuan menjelaskan bahwa lereng sedimen membentuk lapisan es sepanjang ratusan kilometer di hilir, dengan mengukir sayatan yang dalam di dasar es. Sayatan tersebut lambat-laun akan mengakibatkan kerusakan karena dapat masuknya air laut yang hangat.

Dinyatakan pula bahwa penemuan esker ini menjelaskan ketidakstabilan yang membawa dampak pada lapisan es, bahkan ketika masih di daratan. Penemuan ini pun dapat mengasumsikan dampak apa yang akan terjadi jika lapisan es benar-benar terkikis, karena bagaimanapun juga, kita tidak bisa menghentikan penipisan lapisan es di Antartika. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: