JK Minta Teknologi Kebutuhan Dasar Dikuasai
Posted by redaksi2 on 11th August 2017
| 71 views
Sumber: Antarasumbar.com

AktualPress.com˗˗ Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta para peneliti dan pengembang untuk menguasai teknologi-teknologi sederhana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat sehari-hari.

JK mengatakan, penduduk memiliki 260 juta penduduk dan terus bertambah setiap tahunya sekitar 1,4 persen. Untuk itu, masyarakat Indonesia butuh lebih banyak kebutuhan-kebutuhan dasar, seperti gula dan garam.

“Setiap tahun penduduk Indonesia bertambah 3,5 juta orang, atau tumbuh sekitar 1,4 persen. Artinya kita butuh beras lebih banyak, gula lebih banyak dan garam lebih banyak. Di lain pihak lahan semakin berkurang karena masyarakat butuh rumah lebih banyak,”  Ujar JK saat peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 di Center Point of Indonesia, Makassar, Selawesi Selatan, Kamis (10/8).

Menurut JK, satu-satunya  solusi untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut adalah teknologi.

“Tidak mungkin kita perluas lahan karena hutan bisa habis. Kalau hutan habis ya habis air kita”.katanya.

Meskipun begitu, ia tidak menampik soal kekurangan dana yang sering dipermasalahkan oleh peneliti. Akan tetapi, kata dia, untuk meningkatkan produksi garam, padi dan gula tidak butuh banyak anggaran.

JK mengungkapkan, saat ini yang dibutuhkan adalah terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, dan risetnya tidak butuh biaya besar namun perlu fokus dengan baik.

“Bill Gate bisa ciptakan teknologi hanya dari kamarnya saja. Memang pengembangan selanjutnya yang butuh uang besar, tapi untuk riset dasarnya cuma butuh orang berilmu yang bersemangat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, JK meminta semua kapasitas lembaga penelitian dan pengembangan difokuskan untuk pengembangan teknologi pemenuhan kebutuhan dasar. Sebab, tanpa hal itu, Indonesia akan selalu tertinggal karena hanya mengandalkan impor dan mengandalkan negara lain. (Sihab/Antaranews/Republika)

 

SHARE THIS: