Akibat Tanah Longsor dan Banjir, 25 Warga Meninggal di Nepal
Posted by Lestari on 12th August 2017
| 78 views

AktualPress.com – Banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat telah menewaskan sedikitnya 25 orang dalam 2 hari terakhir di seluruh wilayah Nepal.

Hujan lebat telah melanda lebih dari 12 wilayah timur jauh negara tersebut serta beberapa wilayah di barat sejak Jumat pagi, ucap Kementerian dalam negeri.

Banjir telah terjadi di dataran rendah berpenduduk, yang berbatasan dengan India, sementara beberapa daerah terpencil di daerah perbukitan di timur jauh telah dilanda tanah longsor yang dipicu oleh hujan monsun.

“Kami masih mengumpulkan rincian kerugian tersebut, menurut laporan awal kementerian, lebih dari 25 warga dikhawatirkan tewas,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Deepak Kafle.

Kantor Perdana Menteri mengeluarkan sebuah pernyataan yang menyebutkan jumlah korban tewas sudah mencapai lebih dari 12 warga sejak Jumat lalu.

13 warga meninggal di wilayah timur dan setidaknya 4 warga dinyatakan hilang, kata kepala polisi wilayah tersebut, Ramesh Bhattarai.

Saluran telepon dan listrik juga terkena dampak hujan deras sehingga sulit untuk memastikan tingkat kerusakan total di daerah terpencil, kepala polisi menambahkan.

Jalan-jalan di dataran selatan pun telah terhambat oleh hujan dan 3 jembatan jalan raya ambruk di wilayah Banke Barat. Bandara pun telah ditutup karena banjir. Laporan terbaru dari jumlah korban tewas pada musim hujan tahun ini mencapai lebih dari 90 warga. Sedangkan hampir 100 warga meninggal tahun lalu di Nepal selama musim hujan yang dimulai dari akhir Juni hingga akhir Agustus.

Departemen cuaca Nepal mengumumkan peringatan pada hari Sabtu bahwa hujan lebat diperkirakan berlanjut pada hari lain, dan menyarankan agar kabupaten-kabupaten menutup sekolah dan penduduk diminta untuk tinggal di dalam rumah. (AL/Press TV)

SHARE THIS: