Harga Garam Krosok Naik Tiga Kali Lipat
Posted by redaksi2 on 12th August 2017
| 84 views
Sumber: Republika

AktualPress.com˗˗ Harga garam jenis krosok yang banyak digunakan untuk kebutuhan industri pangan mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Seorang pedagang garam di Pasar Karangpucung, Abdullah (45 tahun), Jumat 11 Agustus 2017, mengatakan, saat ini, harga garam krosok sudah mencapai Rp 12 ribu per kilogram (kg).

Abdullah mengungkapkan, Harga garam, baik yang krosok maupun garam dapur, sudah naik tiga kali lipat dibanding harga normal. Sekarang, garam bubuk dijual eceran Rp 10 ribu per kantong plastik dengan berat dua ons.

Selain itu, kata dia, pasokan dari dari distributor jugta semakin tidak menentu. Menurutnya, kondisi ini yang sering membuat pedagang pasar kehabisan stok garam untuk dijual.

”Kalau sedang ada distributor yang memasok, garam yang dibawa juga seringkali hanya sedikit. Selain itu, juga tidak boleh dihutang sehingga pedagang yang sedang tidak pegang uang akhirnya tidak bisa membeli,” ujarnya.

Di samping itu, harga garam krosok yang tinggi ini berpengaruh terhadap kalangan industri rumah tangga, seperti di kalangan perajin telur asin.

Seorang penjual telur asin di Pasar Karangpucung, Sumadi (48), menyebutkan, mahalnya harga garam membuat dia harus pandai-pandai melakukan penghematan dalam proses pembuatan telur asin, seperti mendaur ulang adonan pembungkus telur yang sebelumnya digunakan.

”Sebelum harga garam naik, setiap kali membuat telur asin kita membuat adonan baru. Tapi karena harga garam mahal, maka adonan yang sudah kita gunakan untuk membuat telur asin terpaksa kita gunakan lagi,” kata dia. (Sihab/Republika)

SHARE THIS: