Korupsi Timbulkan Kerugian Besar Untuk Negara, Lawan!
Posted by Lestari on 22nd August 2017
| 111 views

AktualPress.com – Korupsi timbulkan kerugian yang sangat besar untuk sebuah negara, sehingga harus dilawan, diberantas, dan tidak boleh dihentikan apapun alasannya. Pasalnya, setiap tahun ada sekitar $2 triliun uang yang dihabiskan untuk korupsi. Dalam jangka waktu lima tahun, negara bisa rugi Rp. 203,9 triliun. Jelas uang sebanyak itu bisa digunakan untuk mengentaskan kemiskinan dan kelaparan yang ada di dunia, bukan masuk ke kantong pribadi satu atau beberapa orang saja.

Lembaga International Monetary Fund (IMF) melaporkan bahwa korupsi adalah masalah yang paling krusial dan mendasar bagi sebuah negara. Ada estimasi sekitar $1,5 hingga $2 triliun uang yang dikorupsi. Padahal jika mau ditelisik, uang yang berjumlah fantastis tersebut bisa dipergunakan untuk banyak hal yang bermanfaat, khususnya mengentaskan kemiskinan, kelaparan, kebodohan, dan memajukan perekonomian negara.

Lembaga World Economis Forum (WEF) merilis artikel mengenai cara-cara yang bisa dilakukan dari uang korupsi yang super besar setiap tahunnya.

Pertama, $116 miliar bisa digunakan untuk mengentaskan kemiskinan minimal satu dekade. Saat ini, menurut PBB ada sekitar 800 juta orang yang menderita kelaparan.

Kedua, $8,5 miliar digunakan untuk memberantas penyakit malaria. Tercatat bahwa ada 212 juta orang terjangkit malaria dan 429 ribu di antaranya telah meninggal dunia.

Ketiga, $26 miliar digunakan untuk memberikan akses pendidikan kepada orang-orang miskin.

Keempat, $1 triliun digunakan untuk membangun infrastruktur negara. (AL/Tirto)

SHARE THIS: