Pertumbuhan Kredit perbankan Bulan Juli Masih Rendah
Posted by Aktual Press on 23rd September 2017
| 210 views
(metrotvnews.com)

AktualPress.com—Bank Indonesia (BI) mencatat, pertumbuhan kredit perbankan pada Juli 2017 masih rendah yaitu 8,2 persen secara year on year (yoy). Namun demikian angka tersebut membaik apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 7,8 persen (yoy).

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Dodi Budi Waluyo mengatakan, pertumbuhan kredit yang tinggi hanya terjadi pada sektor konstruksi, listrik, jasa dan pertanian.

“Pertumbuhan kredit yang tinggi hanya terjadi pada sektor konstruksi, listrik, jasa dan pertanian, sedangkan sektor-sektor lain masih tumbuh rendah,” ujar Dodi di Gedung BI, Jakarta, Jumat (22/9) malam.

Dodi mengatakan sistem keuangan tetap stabil meskipun fungsi intermediasi perbankan masih berjalan lambat. Terjaganya stabilitas tersebut tercermin pada rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan yang cukup tinggi pada level 23,0 persen dan rasio likuiditas (AL/DPK) pada level 23,3 persen di bulan Juli 2017.

“Di bulan yang sama, rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) berada pada level 3,0 persen (gross) atau 1,4 persen (net). Sementara itu, intermediasi perbankan belum menunjukkan perbaikan,” jelasnya.

Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Juli 2017 tercatat 9,7 persen (yoy), menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya 10,3 persen (yoy), terutama pada DPK valas. Ke depan, intermediasi perbankan diperkirakan akan membaik sejalan dengan penurunan suku bunga acuan dan pelonggaran kebijakan makroprudensial oleh Bank Indonesia.

“Hal tersebut juga didukung kemajuan dalam konsolidasi perbankan dan korporasi. Selain itu, pembiayaan perekonomian melalui pasar modal diharapkan juga semakin membaik sejalan dengan langkah-langkah pendalaman pasar keuangan,” pungkasnya.

SHARE THIS: