4 Kemuliaan Bulan Muharram
Posted by Lestari on 24th September 2017
| 86 views

AktualPress.com – Ada lima kemuliaan bulan Muharram yang harus kita ketahui sebagai bagian dari umat Islam.

Pertama, bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah, sehingga ketika memasuki bulan Muharram, artinya adalah sudah memasuki tahun baru Hijriah.

Kedua, bulan Muharram termasuk bagian dari 4 bulan yang dijadikan Allah sebagai bulan haram untuk pertumpahan darah seperti yang tertera dalam Al-Qur’an surat (QS. At-Taubah) ayat 36 yang artinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganla kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasannya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Ketiga, pada bulan ini disunnahkan untuk berpuasa. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw menyatakan, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram.” (HR. Muslim).

Keempat, ada satu hari yang sangat istimewa dan universal di bulan ini, yaitu hari Asyura’. “Rasulullah Saw menyatakan bahwa puasa di hari Asyura’ (10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu.” (AL/style.tribunnews)

SHARE THIS: