AS Siap Lakukan Aksi Militer Untuk Hancurkan Korut: Trump
Posted by Lestari on 27th September 2017
| 203 views

AktualPress.com – Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Washington benar-benar siap untuk melakukan aksi militer untuk menghancurkan Pyongyang karena retorika memanas antara kedua negara tersebut.

“Kami benar-benar siap untuk pilihan kedua, bukan pilihan yang lebih disukai,” ucap Trump di sebuah konferensi pers Gedung Putih pada hari Selasa lalu mengacu pada kekuatan militer.

“… Menghancurkan Korea Utara adalah pilihan militer. Jika kita harus mengambilnya, kita akan melakukannya,” lanjutnya.

Presiden AS juga menyatakan bahwa krisis Korea Utara dapat ditangani di masa lalu, dengan menyalahkan pemerintahan sebelumnya karena tidak segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

“Korea Utara seharusnya ditangani 25 tahun yang lalu, 20 tahun yang lalu, 15 tahun yang lalu, 10 tahun yang lalu, 5 tahun yang lalu, sehingga ini bisa ditangani menjadi lebih mudah,” ucap Trump.

“Anda memiliki berbagai administrasi, yang membuat saya berantakan, namun saya akan memperbaiki kekacauannya, jadi kita akan melihat apa yang terjadi dengan Korea Utara.”

Ucapan tersebut muncul beberapa hari setelah presiden AS tersebut mengancam untuk menghancurkan secara total Korea Utara dalam pidato pertamanya di Majelis Umum PBB. Trump juga menyebut pemimpin Korea Utara sebagai peroket yang melakukan misi bunuh diri.

Kim menindaklanjuti dengan cara mencemooh Trump sebagai orang tua yang pikun dan anjing yang ketakutan.

Pyongyang mengumumkan pada hari Senin bahwa Trump telah mengumumkan perang terhadap Korea Utara dan bahwa pihaknya memiliki hak untuk melakukan penanggulangan. Korea Utara juga mengancam akan menurunkan pesawat pembom AS yang dikirim ke Semenanjung Korea selama akhir pekan bahkan jika mereka tidak berada di wilayah udara.

“Sejak AS mengumumkan perang terhadap negara kita, kita berhak untuk melakukan penanggulangan termasuk hak untuk menembak jatuh pembom strategi AS bahkan ketika mereka belum berada di dalam wilayah udara negara kita,” ucap Ri Yong-ho, Menteri Luar Negeri Korea.

Korea Utara, yang melakukan ujicoba nuklir ke-6 dan paling kuat adalah awal bulan ini, telah mengancam untuk melakukan ujicoba nuklir lagi, dan telah mengatakan bahwa mereka telah mempertimbangkan untuk melakukannya di Samudra Pasifik.

Korea Utara mendapat tekanan internasional atas program rudal dan nuklir militernya dan telah mendapat sanksi oleh PBB. Namun, Pyongyang mengatakan bahwa pihaknya perlu melanjutkan dan mengembangkan program tersebut sebagai penghalang terhadap perseteruan antara AS dan musuh regionalnya, termasuk Korea Selatan dan Jepang. (AL/Press TV)

SHARE THIS: