7 Ritual Pada Festival Tabuik 2017
Posted by Lestari on 28th September 2017
| 50 views

AktualPress.com – Mulai 20 November lalu, perayaan festival atau tradisi Tabuik sudah mulai dijalankan setiap tahunnya. Tradisi ini menjadi tradisi turun-temurun yang selalu dilaksanakan di Pariaman, Sumatera Barat. Mulai dari tanggal 20 September hingga 1 Oktober, setidaknya ada 7 ritual yang harus dilaksanakan secara berurutan. Demikian yang dirilis Liputan6 pada Kamis (14/9).

Efendi Jamal sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman menyatakan bahwa tradisi Tabuik adalah tradisi tahunan masyarakat Pariaman yang dilaksanakan untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad Saw, yaitu Husein bin Ali pada 10 Muharram, dalam perang di padang Karbala.

Tabuik adalah sebutan untuk patung Buraq yang menyerupai seekor kuda bersayap dengan kepala wanita. Tabuik dibuat dari bambu, rotan, dan kertas. Di punggungnya, terdapat sebuah peti berisi payung dan perhiasan. Peti tersebut diibaratkan berisi potongan jenazah Husein yang kemudian diterbangkan oleh Buraq.

Ada 7 ritual yang dilaksanakan selama perayaan Tabuik, yaitu mengambil tanah pada 1 Muharram, menebang batang pisang pada 5 Muharram, mataam pada 7 Muharram, mengarak jari-jari, mengarak sorban, tabuik naik pangkek pada 10 Muharram, hoyak tabuik, dan membuang tabuik ke laut pada malam harinya, tetap 10 Muharram.

Pantai Gandoriah Sumatera Barat penuh seperti lautan manusia ketika acara puncak tiba, yaitu mengarak dan membuang Tabuik ke laut. Berbagai warga dari provinsi sebelah dan bahkan warga asing mancanegara khusus terbang ke Sumatera Barat untuk menyaksikan festival luhur tersebut. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: