Tips Tanamkan Disiplin Pada Anak Tanpa Efek Negatif
Posted by Lestari on 30th September 2017
| 49 views

AktualPress.com – Untuk menanamkan nilai disiplin pada anak, kita harus berhati-hati karena bisa saja nilai-nilai disiplin yang kita tanamkan dan ajarkan kepada mereka dapat memberikan efek negatif.

Liputan6 mengutip dari Lifehack, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan orang tua dalam mendidik disiplin anak.

Pertama, orang tua harus menetapkan pedoman khusus bagi anak-anak mereka. Tetapkan pedoman secara bersama-sama. Dengan pedoman itu, anak bisa tahu konsekuensi dari setiap tindakan yang akan mereka lakukan. Dengan begitu, mereka akan berpikir dan belajar tindakan mana yang harus dilakukan dan tindakan mana yang tidak boleh dilakukan. Selain itu, kita sebagai orang tua tidak boleh memaksakan peraturan dan hukuman seenaknya. Cukup dengan awasi semua kegiatan dan tindakan anak-anak agar terpantau secara baik.

Kedua, tetapkan aturan “time out” jika anak-anak melakukan tindakan yang salah atau di luar kesepakatan. Dengan aturan ini, mereka akan merenungkan kesalahan yang baru saja mereka lakukan, sehingga mencoba untuk tidak melakukannya lagi.

Ketiga, jika anak-anak kita tetap bandel dan tidak mau disiplin mengikuti aturan yang sudah disepakati bersama, berbicaralah dan berdiskusilah berdua untuk mencari solusi yang baik dan bisa disepakati bersama.

Keempat, ketahuilah bahwa anak-anak baru memulai proses belajar, jadi akan pasti melakukan kesalahan. Kita sebagai orang tua harus memahami hal ini agar tidak terlalu keras dan marah. Berbicaralah dengan tenang dan berilah anak pilihan untuk mereka lakukan.

Kelima, dengarkan keluhan mereka. Jelaskan pula alasan kenapa kita marah, kemudian suruhlah mereka untuk menanggapinya, jangan langsung menghukum tanpa alasan yang tidak anak ketahui dan sadari. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: