Tips Tingkatkan Kecerdasan Emosi Anak
Posted by Lestari on 30th September 2017
| 58 views

AktualPress.com – Siapa yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas dan terdidik, sehingga selalu memperoleh peringkat terbaik di kelas. Namun cerdas di kelas saja belum cukup. Anak yang spesial tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga cerdas emosional.

Anak juga harus belajar memahami kecerdasan dalam mengatur emosinya. Berikut ulasan Liputan6 yang mengutip dari website Yourtango.com.

Pertama, ajaklah anak untuk mulai menyaksikan tontonan yang berkualitas, sehingga mereka bisa belajar dari tontonan yang berkualitas tersebut untuk mengontrol emosi secara baik. Dampingi mereka untuk menontonnya, sehingga kita bisa memasukkan nilai-nilai emosional yang baik untuk buah hati kita.

Anak cenderung mempraktikkan apa yang mereka tonton, baik lewat televisi maupun dunia nyata. Untuk dunia nyata, contohkan emosi yang baik di depan mereka agar mereka mengikutinya. Anak memiliki kualitas memori yang baik sehingga akan mengingat apa saja yang mereka lihat dan dengarkan, termasuk semua ucapan dan tindakan kita di depan mereka. Oleh karena itu, orang tua harus menghindari kata-kata kasar dan tindakan yang tidak baik di depan anak, meskipun tindakan atau ucapan tersebut berniat bercanda, tetapi akan berdampak fatal pada anak.

Kedua, ajarkan sikap suka meminta maaf dan menyapa orang lain ketika bertemu, maka anak pun akan memiliki sikap tersebut secara tanpa sadar karena mengikuti tindakan orang tuanya.

Ketiga, berilah label pada anak atas emosi yang mereka keluarkan. Contohnya: jika anak kita sedang ngambek, marah, sedih, atau yang lainnya, labeli emosi mereka dengan bentuk pertanyaan, “Oh kamu sedang marah?” “Kamu sedih?”. Dengan begitu, mereka akan memahami apa yang sedang mereka rasakan, kemudian mereka akan tahu emosi mana yang baik dan harus mereka tampakkan di depan kita. lakukan selama 30 hari, dan lihatlah perubahan emosi anak. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: