Batik Tak Sekedar Fashion
Posted by Lestari on 5th October 2017
| 32 views

AktualPress.com – Batik memang fashion menarik dan spesial yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya Indonesia sebagai bangsa produsen sendiri, bangsa lain ikut tertarik dan kagum dengan ciri khas fashion jenis ini. sejak Mataram Kuno pun batik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Nusantara.

Triana Wulandari, Direktur Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta kemarin Kamis (2/10) menyatakan bahwa sejak abad 18 sudah digelar pameran batik di berbagai negara.

“Ternyata sejarah telah mencatat bahwa sejak abad 18 sudah digelar pameran-pameran batik di berbagai negara lain di dunia,” ucapnya.

Pada tahun 1927, ketika R Tagore datang ke Jawa, ia pun sangat mengagumi proses pembuatan batik. “Kekaguman R Tagore diwujudkan dengan mengirim pelajar India untuk belajar membatik. Kemarin, ketika digelar seminar ternyata pelajar santiniketan India banyak yang pandai membatik hanya motif yang berbeda di kain-kain sarinya India,” lanjutnya.

Triana mengingatkan kepada generasi muda untuk mengetahui sejarah batik agar lebih besar kekagumannya pada budaya fashion Indonesia sendiri, bukan malah mengagung-agungkan budaya asing.

“Dengan memahami sejarah batik, generasi muda akan berekspresi melalui berbagai karya yang bisa membanggakan dan mengharumkan bangsa,” jelasnya.

“Sudah sepatutnya generasi milenial paham sejarah batik dan bangga mengenakannya sebagai identitas bangsa. Sebab, sejarah membuktikan batik menjadi media diplomasi budaya bangsa di mata dunia,” pungkasnya. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: