Bahaya, Sampah Plastik Sudah Sampai Kutub Utara
Posted by Lestari on 8th October 2017
| 35 views

AktualPress.com – Telah diprediksi bahwa sudah ada lebih dari 5 triliun plastik mengapung di lautan dunia. Manusia memproduksi 300 juta ton plastik dalam setahun. Kisaran berat tersebut sama dengan berat semua manusia di planet ini. Parahnya, sampah plastik tersebut sudah sampai di kawasan Kutub Utara yang letaknya sangat jauh dari pemukiman biasa.

Selama ini, kawasan beku di Kutub Utara yaitu Laut Arktik tergolong lingkungan lautan yang bersih. Namun ternyata, sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh ilmuan Inggris telah menemukan beberapa sampah plastik polyester yang mengapung di tengah laut dan tergeletak di atas bongkahan es. Ini adalah penemuan sampah plastik pertama di kawasan tersebut.

Mereka menyatakan bahwa sampah-sampah plastik tersebut adalah sampah plastik yang sampai pada kawasan paling utara di bumi yang belum banyak dihuni manusia karena termasuk kawasan es. Penemuan sampah plastik tersebut tentu membahayakan ekosistem yang ada di sana, apalagi setelah sedikit demi sedikit bongkahan es retak dan meleleh, pasti ada ekosistem bawah lapisan es yang kemudian akan berfotosintesis dan berkembang biak di daratan.

Selain itu, dalam ekspedisinya, mereka menemukan gumpalan polyester sepanjang ratusan kilometer akan masuk ke kawasan es kutub. Gumpalan polyester tersebut mengapung di tengah perairan internasional, Samudra Arktik Tengah.

“Selama 25 tahun saya menjelajahi Kutub Utara, belum pernah melihat sampah-sampah yang begitu besar dan terlihat jelas,” ucap Hadow, salah satu  penjelajah.

“Menemukan potongan sampah merupakan sinyal mengkhawatirkan. Es yang mencair memungkinkan polusi tinggi melayang jauh ke daerah-daerah ini dan berbahaya bagi ekosistem Kutub Utara,” ucap Gordon. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: