Ini Daftar Perusahaan Produsen Senjata Terbesar Internasional, Mayoritas Bermarkas di AS
Posted by Lestari on 8th October 2017
| 37 views

AktualPress.com – Menurut Stockholm International Peace Research Institute pada 2016 lalu, berikut ini adalah daftar beberapa produsen senjata terbesar di dunia.

Lockheed Martin (AS)

Perusahaan ini berbasis di negara bagian Maryland. Perusahaan tersebut memproduksi pesawat terbang, sistem radar, pesawat tak berawak dan bahkan komponen pesawat ruang angkasa untuk militer AS dan negara-negara lainnya.

Produk yang paling terkenal adalah pesawat tempur F-16 dan pesawat transport Hercules. Lockheed Martin menjual senjata senilai 36 miliar dolar pada tahun 2015 lalu. Keuntungan yang diperolehnya adalah 3,6 miliyar dolar. Kemudian selama bulan Oktober 2017 ini, ia telah menerima keuntungan sebesar 91 miliar dolar di ajang New York Stock Exchange.

Boeing (AS)

Selain membuat pesawat penumpang, perusahaan ini menghasilkan 28 miliar dolar dari hasil penjualan senjata pada tahun 2015 lalu memperoleh keuntungan sebesar 5,2 miliar dolar. Sebagian produknya adalah F-15, F-18, dan F-22.

BAE Systems (Inggris)

Perusahaan ini adalah perusahaan terbesar di Inggris dengan penjualan sebesar 26 miliar dolar pada tahun 2015. BAE Systems mempekerjakan lebih dari 82.000 orang. Produknya adalah pesawat temur Tornado, tank Challenger, dan pesawat tak berawak untuk tentara Inggris dan negara bagian lainnya.

Raytheon (AS)

Fokus utama perusahaan ini adalah untuk memproduksi sistem rudal dan senjata untuk pesawat terbang dan kapal angkatan laut. Ada tahun 2015, perusahaan ini berhasil menjual 22 miliar dolar senjata dengan keuntungan lebih dari 2 miliar dolar.

Northro Grumman (AS)

Perusahaan ini berbasis di negara bagian Virginia, Northro Grumman memproduksi pesawat tak berawak, pesawat tempur, komponen pesawat terbang dan sistem rudal. Ia menghasilkan lebih dari 20 miliar dolar ada tahun 2015 dengan keuntungan lebih dari 2 miliar dolar.

General Dynamics (AS)

Perusahaan ini berbasis di Virginia dengan memproduksi tank M1A Abrams, tank tempur utama yang digunakan oleh militer AS. Hasil penjualan senjata senilai 19 miliar dolar pada tahun 2015.

Airbus Group (EU-wide)

Seperti Boeing, Airbus dikenal dengan sebaris pesawat penumpang yang beroperasi di antara maskapai penerbangan di seluruh dunia. Penjualan senjata membuat 18 persen bisnisnya atau penjualan 12,9 miliar dolar.

United Technologies (AS)

Perusahaan yang berbasis di negara bagian Connecticut ini menarik 16 persen penjualannya dari senjata, yang berjumlah 9,6 miliar dolar. Produk yang paling terkenal adalah helikoter Black Hawk yang digunakan oleh militer AS dan lainnya. (AL/Aljazeera)

SHARE THIS: