Lepasnya Bongkahan Es di Kutub Selatan, Peneliti Akan Ungkap Ekosistem Baru
Posted by Lestari on 8th October 2017
| 24 views

AktualPress.com – Bongkahan es dari lapisan Larsen C yang disebut sebagai A68 telah terlepas dari benua Antartika. Kini, ia bergerak ke Samudra Selatan mengikuti arus air. Terlepasnya bongkahan es raksasa tersebut menjadi pertanda bahwa planet bumi sedang berada dalam kondisi mengkhawatirkan, namun di samping itu, terlepasnya bongkahan es tersebut juga akan menyingkap ekosistem baru yang tersembunyi di bawahnya selama 120.000 tahun.

Para peneliti dari British Antarctic Survey (BAS), Germany’s Alfred Wegener Institute for Polar and Marine Research, dan The Korea Polar Research Institute akan melalukan penelitian serius mengenai misteri ekosistem tersebut.

Para peneliti akan menjelajahi daerah bawah laut dan mengobservasi apa yang tertangkap di sana. Penelitian akan dimulai pada 2019. Semakin banyak bongkahan es yang melepaskan diri ke lautan, maka tentu akan semakin banyak ekosistem yang bisa diteliti di bawahnya.

Alasan yang membuat para peneliti berkesimpulan awal bahwa ada ekosistem baru yang belum pernah ditemukan di bumi adalah penemuan spesies-spesies baru di bawah laut. Spesies-spesies tersebut terlihat karena sudah tidak ada lapisan es yang menghalangi permukaan air laut.

“Ini akan menjadi perubahan kondisi lingkungan yang sangat dramatis. Tak ada yang sedramatis ini di ekosistem manapun di bumi,” ucap salah satu pakar ekologi kelautan di Alfred Wegener Institute or Polar and Marine Research, Julian Gutt.

Para peneliti menamakan daerah yang akan menjadi objek penelitian mereka dengan nama kawasan harta karun kehidupan. Kawasan tersebut akan menjadi kawasan yang dilindungi. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: