Akibat Larvacea, Sampah Plastik Bahayakan Ekosistem Dalam Laut
Posted by Lestari on 9th October 2017
| 59 views

AktualPress.com – Larvacea adalah makhluk laut yang mengangkut sejumlah besar mikroplastik dari lapisan atas samudra ke dalam samudra. Ia mengambil plastik ke permukaan laut dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk pelet, mikroplastik, yang kemudian tenggelam di dasar laut.

Perilaku Larvacea tersebut membahayakan ekosistem yang ada di dalam laut karena mikroplastik banyak berhamburan di dalam laut yang menjadi kediaman hewan-hewan laut. Beberapa waktu lalu, ada sejumlah peneliti yang senang melihat jumlah plastik berkurang di permukaan laut, namun ternyata mereka menemukan bahwa ada hewan laut yang dengan sengaja membawanya ke dasar laut.

“Itu menandakan satu hal, plastik adalah masalah besar yang tidak hanya membahayakan ekosistem permukaan saja,” ucap Kakani Katija, peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) di California. “Hal ini memiliki otensi untuk mempengaruhi penghuni kedalaman di seluruh lautan dunia,” lanjutnya.

“Selain membahayakan kehidupan laut dalam, hal ini juga bisa mempengaruhi kita. Karena kita banyak mengonsumsi binatang yang hidup di dasar laut, seperti kepiting,” ungkap Anela Choy, penulis laporan di Science Advences. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: