Stok Beras Cukup, Kementan Pastikan Tidak Akan Ada Impor Beras
Posted by redaksi2 on 9th October 2017
| 29 views
Sumber: Metrotvnews

AktualPress.com— Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan tidak akan ada impor beras karena stok beras dalam negeri masih mencukupi sampai tujuh bulan ke depan.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kementan, Suwandi, mengatakan sampai saat ini stok beras di Badan Urusan Logistik (Bulog) sebanyak 1,52 juta ton. Jumlah stok tersebut masih bisa mencukupi kebutuhan sampai April 2018.

“Sementara nanti Februari hingga April akan panen raya padi, sehingga penyerapan gabah akan meningkat,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (8/10).

Pemerintah terus menggenjot produksi beras sehingga sejak tahun lalu Indonesia tidak lagi mengimpor beras jenis medium. Hal ini bisa menghemat antara Rp 20 triliun- Rp 30 triliun.

Suwandi mengungkapkan, luas lahan tanam pada periode Oktober 2016- Maret 2017 mencapai 9,35 juta ha. Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 8,76 juta ha, luas tersebut  masih  6,8 persen lebih tinggi atau 596 ribu ha.

Selain itu, kata dia, dari data luas tanam padi Oktober 2016-Maret 2017 dan April-September 2017, surplus lebing tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

“kami yakin produksi padi 2017 jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” ucapnya.

Menurutnya, ketersediaan beras jauh di atas kebutuhan nasional. Kekeringan dan serangan hama yang mengganggu produksi jauh di bawah batas toleransi sebesar 5 persen dari luas areal tanam.

“Ini mampu menjaga swasembada secara berkelanjutan, tidak perlu impor beras,” tandasnya. (Sihab/Liputan6/Detik.com)

 

 

 

SHARE THIS: