Militer Inggris Siap Perangi Korea Utara
Posted by @Editor on 11th October 2017
| 30 views

Aktualpress.com—Seperti dilansir dari media Daily Mail pada Senin (9/10/17), sumber militer Inggris mengatakan bahwa ketegangan yang meninggi antara Korut dan negara-negara Barat  mungkin akan memaksa London mengeluarkan pesawat induk HMS Ratu Elizabeth lebih cepat dari yang diperkirakan.

“Kami punya cukup kapal [militer] untuk dikirim–kapal penghancur Tipe-45 dan Tipe-23,”  kata sumber dari Whitehall  kepada media.

“Pesawat baru Inggris akan dikirim lebih cepat jika situasi memburuk,” tambahnya.

Pada tahun 1982, Inggris juga pernah mengirim pesawat HMS Illustrious untuk memerangi Argentina.

Pasca ujicoba nuklir ke-6 Korut, Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon menyebut negara pimpinan Kim Jong-un itu bersikap “sembrono” dan menolak alasan bahwa penggunaan senjata nuklir itu sebagai alat pertahanan diri dari serangan luar.

Sementara itu, badan think tank Inggris, Royal United Services Institute (RUSI) menilai bahwa perang antara Korut dan AS bisa benar-benar terjadi dalam waktu dekat.

Kapal HMS Queen Elizabeth ini dirakit di Korea Selatan. Namun proses penyempurnaan kapal untuk bisa menjadi kapal tempur inggris terkuat dilakukan di pangkalan laut daerah Falmouth dengan menambahkan senjata, pelindung dan modifikasi lain.

Kapal pendamping HMS Queen Elizabeth terdiri dari empat kapal tanker yang dimodifikasi dari sebuah kapal komersial biasa. Masing – masing kapal pendamping memiliki berat 39 ribu ton dan mampu mengangkut 19 juta liter bahan bakar dan 1.3 juta liter air.

HMS Queen Elizabethh mendapat kekuatan dari mesin turbin jenis Rolls – Royce MT-30. Kapal induk ini mampu berlayar sejauh 10 ribu mil. Namun dengan sokongan dari RFA Tiderace kapal itu dapat berlayar dengan jarak yang lebih jauh. Ini membuatnya mampu menempuh perjalanan menuju Korea Utara. (ra/presstv/tempo)

SHARE THIS: