Pemerintah Rilis Perpres Kemudahan Berusaha
Posted by redaksi2 on 11th October 2017
| 21 views
Sumber: Kompas.tv

AktualPress.com— Pemerintah merilis Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Aturan ini telah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly sejak 26 September lalu.

Perpres tersebut ditetapkan untuk mempermudah perizinan untuk pengusaha, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) setelah mendapat persetujuan penanaman modal.

Dalam perpres itu, Jokowi akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang bertanggungjawab langsung ke Presiden. Satgas tersebut terdiri dari perwakilan pemerintah pusat dari banyak Kementerian atau Lembaga (K/L) hingga pemerintah daerah, termasuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi dan Kabupaten atau Kota.

“Satgas dibentuk untuk meningkatkan pelayanan, pengawalan, penyelesaian hambatan, penyederhanaan, dan pengembangan sistem online dalam rangka percepatan pelaksanaan perizinan berusaha,” kata Jokowi, Selasa (10/10).

Satgas tersebut akan ditujukan untuk  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas, Kawasan Industri (KI), dan kawasan pariwisata.

Nantinya, Satgas akan menerapkan penggunaan teknologi informasi melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submissin/OSS). Oleh karena itu, perizinan berusaha dari seluruh pos masuk ke sistem yang sama.

Adapun dari sisi anggaran, kerja Satgas akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). (Sihab/CNN)

 

SHARE THIS: