Jakarta Masuk Daftar Kota Paling Tak Aman Dunia
Posted by redaksi2 on 17th October 2017
| 30 views
Sumber: Liputan6

AktualPress.com˗˗  The Economist Intelligence Unit (EIU) merilis laporan Safest Cities Index 2017. Laporan tersebut memuat daftar kota-kota di dunia dari sisi keamanannya dari tingkat infrastruktur, digital, kriminalitas, keamanan di jalan raya, sampai layanan kesehatan.

Dalam daftar tersebut, EIU menempatkan Jakarta sebagai kota paling tidak aman nomor empat dengan skor 53,39.

Jakarta turun 13 peringkat dalam penilaian tahun ini. Kini kota ini menempati peringkat 57 dari 60 kota yang disurvei. Skor rata-rata yang didapat Jakarta adalah 53,39, dilansir dari economist.com, Senin (16/10).

EIU melaporkan bahwa kota-kota yang paling tidak aman berlokasi di di Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika. Adapun kota yang paling tidak aman pertama adalah Karachi di Pakistan dan Kota Yangon di Myanmar di posisi kedua.

Peringkat kota aman ketiga adalah Kota Dhaka di Bangladesh, dan Kota Ho Chi Minh, Vietnam di posisi kelima. Peringkat selanjutanya adalah Manila di Filipina, Caracas di Venezuela, dan Quito di Ekuador, Teheran, ibu kota Iran, serta Kairo, ibu kota Mesir.

Sementara itu, 10 kota teraman di dunia berlokasi di Asia Timur, Australia, dan Eropa. Kota paling aman di dunia adalah Tokyo disusul oleh Singapura di peringkat kedua, Osaka ketiga, Toronto keempat, dan Melbourne kelima.

“Secara keseluruhan, hasil dari Safe Cities Index 2017 menunjukkan perbedaan mencolok antara tingkat keamanan di negara berkembang dan negara maju yang telah stabil,” tulis dalam laporan tersebut. (Sihab/Republika/Liputan6)

SHARE THIS: