Stok Beras Nasional Aman Sampai Mei 2018
Posted by redaksi2 on 17th October 2017
| 33 views
Sumber: Tempo

AktualPress.com˗˗  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan Stok Beras Nasional masih aman sampai Mei 2018.

“Stok beras yang ada saat ini aman untuk memenuhi kebutuhan sampai tujuh bulan ke depan atau sampai Mei 2018,” katanya, Jumat (13/10).

Dari hasil kunjungannya ke pasar bersama Menteri Perdagangan dan Gubernur DKI Jakarta. , ditemukan adanya pasokan beras yang melimpah di Cipinang, dua kali lipat dari pasokan hari biasanya yaitu 53 ribu ton.

Amran menyampaikan, sekarang sudah bulan Oktober, sudah mulai musim hujan, berarti Oktober, November, Desember dan Januari 2018 sudah panen lagi. Artinya tinggal dua bulan lebih menjelang panen, sedangkan stok kita cukup untuk tujuh bulan ke depan atau sampai Mei 218.

Sementara itu, Ketua Tim Satgas Ketahanan Pangan RI, Irjen Eko Hadi Sutedjo mengungkapkan, ketersedian stok beras nasional mencapai 1,7 juta ton.

Tim Satgas mengunjungi gudang Bulog di Garut, Jawa Barat untuk mengecek ketersediaan beras di Kabupaten Garut. Dalam hal ini, Eko mengungkapkan, stok beras di Garut mencapai 9 ribu ton.

Menurut Eko, Hal itu dilatarbelakangi oleh kesiapan mitra untuk memasok berasnya ke Bulog.

“Rekanan dan mitra Bulog di Garut mempunyai satu kesanggupan mendistribusikan berasnya ke Bulog. Mereka menyadari pentingnya ketahanan pangan di Indonesia,” ujarnya.

Saat ini, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan produksi gabah di seluruh Indonesia melalui pemberian bibit unggul dan penataan air serta pengoptimalan produksi gabah di lahan yang kurang produktif.(Sihab/Republika/Detik.com)

SHARE THIS: