Objek Wisata Bahari Baru Di Indonesia
Posted by Lestari on 19th October 2017
| 52 views

AktualPress.com – Ide cerdas dari pemerintah baru-baru ini tentang pariwisata adalah menciptakan objek wisata terbaru dari kapal yang tenggelam. Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) mulai dirias dan ditata menjadi objek wisata baru yang menarik, terutama bagi para wisatawan yang hobi menyelami lautan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, memiliki ide untuk menciptakan dongeng atau story telling yang menarik seperti kisah Titanic dan Van Der Wijk.

“Primadona Indonesia ke depan adalah pariwisata. Untuk itu BMKT harus dimanfaatkan dan dipromosikan. Targetnya seperti keluarga dari prajurit Perang Dunia II yang ikut dalam kapal perang yang tenggelam tersebut,” kata Luhut dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penataan Alur Pelayaran di Jakarta, Selasa (17/10).

Kementerian Kelautan dan Perikanan menyatakan bahwa potensi pemanfaatan BMKT sebagai objek wisata dapat mencapai 800-126.000 dollar AS per bulan per lokasi.

“Kekayaan wisata bahari Indonesia harus terus digali. Potensi kita besar sekali, Cuma kurang dipromosikan,” ungkap Luhut.

Menurut data, diperkirakan ada ratusan kapal tenggelam di perairan Indonesia, seperti di Kepulauan Riau, Selat Karimata, dan Laut Jawa. BMKT memiliki nilai ekonomis dan historis sehingga harus dikelola secara baik.

“BMKT adalah identitas bangsa dan harus dikelola secara sustainable. Terlebih keindahan bawah laut yang memiliki dua pertiga coral di dunia itu memang world class semua,” ucap Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Hadirnya BMKT bisa dijadikan penarik para penyelam dunia untuk datang ke Indonesia. selain itu, kapal yang tenggelam akan menjadi tempat bagi tumbuhnya biota laut yang indah, apalagi jika dalam kapal berisi barang-barang antik dan bersejarah. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: