Sektor Wisata Jadi Acuan Ekonomi Indonesia Ke Depan
Posted by Lestari on 19th October 2017
| 67 views

AktualPress.com – Pencapaian sektor pariwisata dalam tiga tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di Kantor Staf Presiden Jakarta pada Selasa (17/10) menunjukkan angka yang bagus, sehingga sektor pariwisata benar-benar menjadi acuan utama perekonomian Indonesia ke depan. Buktinya, sumbangan devisa dan penyerapan tenaga kerja dari sektor ini meningkat signifikan. Reputasi Wonderful Indonesia di pentas dunia pun makin melejit naik.

“Pariwisata sudah dilirik sebagai primadona baru bagi perekonomian bangsa karena pertumbuhannya yang sangat bagus,” ucap Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Ke depan pun pariwisata Indonesia akan semakin maju lagi karena jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia terus naik dibandingkan negara-negara lain.

“Bahkan capaian Januari-Agustus 2017 ini data terbaru naik menjadi 25,68%,” ucapnya lanjut

“Kita naik 4 kali lipat dari rata-rata dunia,” ungkapnya lagi.

Sejak 2014, jumlah wisawatan mancanegara sebesar 9,3 juta, lalu pada 2015 naik menjadi 10,4 juta, dan hingga akhir Agustus 2017 ini sudah ada 9,2 juta. Kemungkinan sampai Desember akan naik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain jumlah wisatawan, indeks daya saing Pariwisata Indonesia pun naik fantastis menjadi peringkat 42 besar dunia, yang sebelum nya pada posisi 70 dunia. Selain itu pula, penghargaan yang didapatkan Indonesia pun naik.

“Tahun 2016, kita memperoleh 46 penghargaan dunia dari 22 negara. Tahun 2017, kita sudah mengantungi 22 negara dari 10 negara,” lanjut Arief.

Semuanya optimis bahwa sektor perekonomian akan benar-benar menjadi sektor primadona yang mampu mendobrak pemerataan perekonomian Indonesia. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: