Dianggap Rasialis, LBH Jakarta Kecam Pidato Perdana Anies Baswedan
Posted by Lestari on 22nd October 2017
| 30 views

AktualPress.com – LBH Jakarta mengecam pidato perdana Gubernur baru DKI Jakarta dalam pelantikannya yang menggunakan istilah “pribumi”. Istilah pribumi dianggap dapat memicu konflik rasialis dan etnis di Jakarta, dan bahkan berefek ke kehidupan bangsa dan negara.

Istilah pribumi dianggap kontraproduktif untuk mendorong toleransi antarumat beragama dan berbangsa. Apalagi pengucapan istilah pribumi sudah dilarang sejak awal reformasi dengan instruksi Presiden RI Nomor 26 Tahun 1998 tentang Menghentikan Penggunaan Istilah Pribumi dan Non Pribumi oleh Presiden Habibie. Pada masa reformasi, instruksi tersebut ditujukan untuk mengakhiri polemik rasialisme terhadap kelompok Tionghoa di Indonesia. secara otomatis, pengucapan istilah sentimen tersebut pada pidato resmi pejabat negara melanggar instruksi hukum tersebut dan menodai semangat untuk mengakhiri polemik rasialisme di Indonesia.

Hal ini tentu melanggar Pasal 4 huruf b ke-1 dan 2 dan Pasal 16 UU Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. Sanksi pidana atas pelanggaran ini adalah paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,-.

Sebagai orang nomor 1 di Jakarta, Anies Baswedan harus memberikan contoh yang baik dalam berbicara dan bersikap demi keutuhan NKRI, bukan malah menyulut kebencian sentimen ras dan etnis.

LBH Jakarta mendorong Anies Baswedan agar bisa menjadi gubernur yang mempersatukan seluruh warga DKI Jakarta, apalagi setelah kemelut konflik Pilkada Jakarta lalu. (AL/bantuanhukum)

SHARE THIS: