Langkah-Langkah Wujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia
Posted by Lestari on 22nd October 2017
| 38 views

AktualPress.com – Di era krisis perubahan iklim global, kedaulatan pangan menjadi segmen khusus yang harus segera direalisasikan, karena perubahan iklim semakin parah sehingga berefek pada kondisi pertanian yang kian rusak dan kering.

Kedaulatan pangan adalah tujuan utama Indonesia ke depan sekaligus tujuan dari UU No. 18/2012. Kedaulatan pangan merupakan hak negara dan bangsa untuk secara mandiri menentukan kebijakan pangan yang menjamin pemenuhan hak atas pangan bagi rakyat, dan memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal. Dalam ketahanan pangan, Indonesia masih berada pada posisi ke-71 dari 113 negara, dan ini merupakan posisi yang masih rendah mengingat Indonesia adalah negara agraris.

Pemerintah Jokowi-JK mulai melakukan langkah-langkah untuk segera mewujudkan kedaulatan pangan. Langkah pertama, pemerintah sudah mulai melakukan moratorium izin perkebunan sawit dan izin lahan gambut yang dibarengi dengan program redistribusi tanah seluas 4,5 juta hektar dan perhutanan sosial seluas 12,7 juta hektar kepada masyarakat.

Kemudian langkah kedua yang diambil pemerintah adalah mewujudkan kedaulatan pangan yang mengintegrasikan faktor iklim, varietas lokal, dan teknologi adaptif iklim. Ini penting untuk meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas produksi pertanian.

Langkah ketiga adalah membangun lembaga ekonomi produksi untuk masyarakat agar perlindungan dan pemberdayaan petani dapat terawasi secara baik. Akan ada UU Pangan, UU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, UU Perlindungan Lahan Pertanian Pangan, UU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, dan UU Desa yang akan dibuat.

Langkah-langkah tersebut diharapkan tidak hanya menjadi sebuah gagasan saja, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata dan secepatnya sebagai aksi nasional untuk memperbaiki perekonomian masyarakat yang berkelanjutan, khususnya di bidang pangan. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: