Tips Agar Buah Dan Sayur Di Kulkas Tetap Segar
Posted by Lestari on 28th October 2017
| 48 views

AktualPress.com – Jika terlalu lama menyimpan buah dan sayur di dalam kulkas dengan cara yang tidak tepat, maka akan membuat buah dan sayur cepat layu, sehingga ketika kita konsumsi, buah dan sayur sudah tidak segar seperti ketika pertama kali beli.

Salah satu solusi agar kita bisa tetap mengonsumsi buah dan sayur yang segar adalah dengan langsung membelinya setiap hari, namun ketika kegiatan pekerjaan atau sekolah kita cukup padat hingga tidak ada waktu untuk setiap hari berbelanja, cara paling simpel adalah dengan membeli banyak buah dan sayur sekaligus kemudian menyimpannya di dalam kulkas untuk kita masak dan makan setiap hari. Lalu apa solusinya agar buah dan sayur yang kita simpan di dalam kulkas tetap segar?

Hindari mencuci buah dan sayur sebelum masuk kulkas

Mencuci buah dan sayur sebelum masuk ke dalam kulkas menyebabkan bakteri lebih cepat berkembang biak, sehingga buah dan sayur lebih cepat busuk.

Potong bagian yang layu kemudian buang

Sebelum memasukkan ke dalam kulkas, kita harus memilih buah dan sayur secara teliti. Potong bagian yang layu dan kemudian buang, bagian yang layu jika dicampur dengan buah dan sayur yang masih segar maka layu akan menular dengan cepat, sehingga semua bagian yang tadinya segar dapat menjadi layu dengan cepat di dalam kulkas.

Cek berkala kesegaran buah dan sayur

Setiap hari, usahakan untuk cek buah dan sayur yang ada di dalam kulkas. Jika ada sedikit bagian yang layu, segera singkirkan agar tidak mempengaruhi buah dan sayur lain yang masih segar.

Pisahkan tempat buah dan sayur di dalam kulkas

Dalam suhu dingin, buah mengeluarkan zat etilen yang dapat mempercepat kebusukan buah dan sayur, akibatnya sayur pun akan tercemar zat tersebut jika diletakkan bersama buah, sehingga lebih cepat busuk. Pisahkan tempat buah dan sayur agar sayur lebih awet dan segar. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: