Dunia Bawah Tanah Yang Nyata
Posted by Lestari on 1st November 2017
| 66 views

AktualPress.com – Pada tanggal 25 Oktober lalu, situs Mongabay melaporkan ada penemuan mengenai dunia bawah tanah yang benar-benar nyata, dan kini banyak ilmuan yang sedang fokus mengerjakan atlas dunia tersebut sehingga dapat diketahui umat manusia. Para ilmuan tersebut diantaranya adalah berasal dari Belanda, yaitu; Douwe van der Meer, Douwe van Hinsbergen, dan Wim Spakman.

Selain dunia atas yang kita tinggali saat ini, terdapat dunia bawah yang terkubur. Dunia bawah tersebut terbuat dari lempeng-lempeng tektonik mati (slab) yang dulunya adalah permukaan Bumi di atas namun selalu turun hingga ke inti bumi hingga 2.900 km akibat gempa, pergeseran benua, dan kejadian alam lain.

Peta yang telah dibuat oleh para peneliti tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Tectnophysics edisi 18 Oktober 2017 dengan judul “Atlas of the Underworld”.

Para peneliti tersebut telah memetakan 94 lempeng tektonik purba di lapisan inti yang sebagian sudah terlacak semenjak 300 juta tahun yang lalu. Dalam memetakan, mereka menggunakan CT Scan di Bumi. Hampir 15 tahun mereka berusaha untuk mengumpulkan data geologi keseluruhan lempeng tersebut, sehingga bisa terlihat gambar atlas dunia bawah tanah yag ratusan juta tahun lalu tampak di permukaan atas bumi. Hasil penelitian tersebut mampu menjelaskan kepada kita tentang sejarah klasik bumi, sejarah tektonik planet kita, dan sekaligus wujud dari atlas dunia bawah tanah Bumi yang dekat dengan inti Bumi. Ini akan menjadi penemuan besar planet kita.

Hingga kini, para peneliti tetap berupaya untuk menemukan lebih banyak data lagi untuk melengkapi atlas dunia yang mereka buat.

Dalam penelitian mereka, mereka menemukan ada dua gumpalan cair misterius yang berada di bawah Samudera Pasifik dan Benua Afrika. Gumpalan tersebut adalah lempeng tektonik yang sangat panas. Dan para peneliti khawatir jika gumpalan tersebut suatu saat dapat naik melayang ke permukaan bumi dan menghancurkan kerak Bumi yang kita tempati saat ini. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: