BETAN: Energi Nuklir Lebih Ramah Lingkungan
Posted by Aktual Press on 10th November 2017
| 51 views
(okezone.com)

AktualPress.com—Kepala Bidang Diseminasi Badan Tenaga Nuklir Nasional Indonesia (BATAN), Dimas Irawan, mengatakan bahwa nuklir memiliki beberapa keunggulan dibanding sumber energi yang lain. Salah satunya ramah lingkungan.

“Keunggulan energi nuklir jelas bahwa nuklir memiliki emisi CO2 yang paling rendah, jadi energi yang ramah lingkungan. Dan juga biaya operasinya kompetitif, penyediaan bahan bakarnya juga lebih panjang waktu review linknya dibanding kalau kita pakai bahan bakar lain,” ujarnya dalam sebuah acara diskusi di Jakarta, Kamis (9/11).

Duta besar Rusia untuk Indonesia, H.E. Mikhail Galuzin mengatakan Presiden Rusia, Vladimir Putin berharap generasi muda bisa menghasilkan teknologi nuklir baru. Teknologi nuklir dipercaya bisa membawa kehidupan menjadi lebih baik.

“Dia (Vladimir Putin) berharap generasi muda mampu mengubah dunia jadi lebih baik,” kata Mikhail.

Sebagai informasi, diskusi ini merupakan tindak lanjut dari acara World Festival of Youth and Students (WFYS), yang diadakan di Sochi (Rusia) dari tanggal 14 hingga 22 Oktober 2017. Lebih dari 25.000 peserta dari 185 negara berbagi pengalaman dan gagasan mereka mengenai perkembangan masa depan global.

Di bawah topik “Industry of the Future”, beragam diskusi digelar dengan mengedepankan nilai-nilai masa depan, teknologi modern dan isu-isu khusus terkait lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Pada bulan Mei 2016, ROSATOM dan Universitas Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman mengenai kerja sama di bidang pendidikan nuklir.

Pada bulan Juni 2015, Nota Kesepahaman ditandatangani antara ROSATOM dan Badan Tenaga Nuklir Nasional Republik Indonesia (BATAN) tentang pengembangan penggunaan energi nuklir secara damai. (Zainab/merdeka.com)

SHARE THIS: