Enam Tips Hemat Biaya Listrik
Posted by Lestari on 11th November 2017
| 33 views

AktualPress.com – Setiap rumah memiliki listrik untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga kebutuhan penggunaan energi listrik merupakan kebutuhan primer untuk masyarakat. Setiap bulan, kita harus mengeluarkan biaya untuk membayar listrik. Biaya listrik yang cukup besar seringkali membebani kita dalam berkeluarga. Belum lagi tarif dasar listrik (TDL) bisa naik sewaktu-waktu tergantung peraturan dari pemerintah.

Dua hal yang sering membuat tarif atau biaya listrik besar ada 2, yaitu penggunaan daya listrik yang boros dan tarif dasar listrik yang tidak tentu.

Ada enam tips yang bisa kita lakukan untuk menghemat biaya listrik, yaitu:

Ganti Lampu Jenis LED

Lampu jenis LED lebih unggul dalam menghemat energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural, dan lebih tahan lama. Gunakan pula lampu daya LED yang rendah, kecuali ruangan besar dan utama yang harus membutuhkan daya yang tinggi.

Matikan Lampu Jika Tidak Dipakai

Jika tidak begitu membutuhkan cahaya lampu, lebih baik matikan untuk menghemat daya listrik, seperti ketika kita tidur pada malam hari, siang hari, pagi hari. Kemudian matikan pula lampu di kamar mandi setelah kita pakai. Hal ini akan lebih menghemat biaya listrik kita dalam sebulan.

Pakai Televisi LED Dan Hemat Energi

TV LED lebih hemat energi, bahkan sampai setengah dari daya TV tabung atau TV LCD. Apalagi dengan tambahan fitur hemat energi yang jika diaktifkan akan makin menghemat daya listrik kita.

Cabut Steker Dari Colokan Jika Tidak Dipakai

Cabutlah steker apapun jika sudah tidak digunakan, termasuk mencabut charger baterai yang sudah tidak terpakai di colokan atau stop kontak. Tips ini berfungsi untuk menghemat listrik dan menghindari terjadinya korsleting listrik yang berakibat kebakaran.

Gunakan AC Hemat Listrik

Pilihlah AC yang memiliki fitur hemat listrik dengan volume menyesuaikan ukuran ruangan. Jangan menyalakan dan kemudian mematikan AC dalam waktu yang berdekatan. Jika ingin keluar rumah sebentar selama 30 menit, maka tidak perlu untuk mematikan AC. AC membutuhkan daya paling tinggi adalah ketika baru menyala. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: