3 Cangkir Kopi Sehari Cenderung Lebih Banyak Manfaatnya Daripada Bahayanya
Posted by Lestari on 23rd November 2017
| 25 views

AktualPress.com – Orang yang minum 3 sampai 4 cangkir kopi sehari akan merasakan lebih banyak manfaatnya daripada bahayanya, seperti: mengalami risiko kematian dini dan penyakit jantung lebih rendah daripada mereka yang berpantang dari kopi, kata para ilmuan.

Penelitian yang mengumpulkan bukti lebih dari 200 penelitian sebelumnya, juga menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, penyakit hati, demensia, dan beberapa jenis kanker.

3 atau 4 cangkir sehari memberikan manfaat terbesar, kata para ilmuan, kecuali wanita hamil atau memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Untuk lebih memahami pengaruhnya terhadap kesehatan, Robin Poole, spesialis kesehatan masyarakat di Universitas Southampton Inggris memimpin sebuah tim peneliti dalam tinjauan terhadap 201 penelitian berdasarkan penelitian observasional dan 17 studi berdasarkan uji klinis di semua negara.

“Minum kopi tampak aman dalam pola konsumsi yang biasa,” ucap tim peneliti yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ Inggris pada Rabu malam (22/11) lalu.

Minum kopi secara konsisten dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari semua penyebab dan penyakit jantung. Penurunan terbesar risiko kematian dini terlihat pada orang yang mengkonsumsi 3 cangkir sehari, dibandingkan dengan orang-orang yang anti kopi. (AL/Press TV)

SHARE THIS: