Ini Dia Jawaban Menteri ATR Terkait Bakal Susahnya Milenial Punya Rumah
Posted by Aktual Press on 30th November 2017
| 26 views
(merdeka.com)

AktualPress.com—Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengatakan, isu mengenai generasi muda atau milenial yang diprediksi bakal sulit punya rumah di masa mendatang menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini. Hal ini disampaikannya dalam sambutan pada acara Indonesia Property Forum di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Menurutnya, laju kenaikan harga tanah yang tak sebanding dengan pendapatan masyarakat menjadi perhatian yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah.

“Harga tanah sekarang naiknya exponensial (berlipat ganda) sedangkan gaji naiknya sangat dripping (lambat). Sehingga mungkin kita membaca beberapa waktu lalu, banyak sekali orang bicara generasi milenial tidak akan afford untuk beli rumah. Oleh sebab itu kami sangat concern tentang masalah ini. Kami coba merespons dengan beberapa hal,” ujar mantan Menko Perekonomian di awal Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Dia bilang, pemerintah tengah berusaha menjawab tantangan tersebut dengan beberapa kebijakan yang saat ini terus diperbaiki. Utamanya dari sisi penyediaan, dengan harga tanah yang terus melambung tadi, maka pemerintah akan fokus menekan biaya investasi dari sisi kemudahan dalam melakukan usaha, khususnya di sektor properti.

Seperti diketahui, industri properti memiliki keterkaitan yang sangat banyak dengan industri lainnya sehingga menjadi salah satu motor utama penggerak ekonomi bangsa.

Ease of doing business, sekian banyak paket sudah disusun dan akan ada paket yang lebih cepat dan lebih ekstrem yang akan disusun kembali dan sedang digodok oleh Menko Perekonomian,” tukasnya.

Harga tanah makin tinggi

Harga tanah yang makin tinggi dan naik begitu cepat membuat industri properti di tanah air cukup tertekan, terutama untuk penyediaan rumah murah bagi masyarakat.

Dengan harga tanah yang semakin mahal tapi tak sebanding dengan kenaikan pendapatan, maka diprediksi akan makin banyak masyarakat yang tidak punya rumah, khususnya generasi milenial yang akan mendominasi demografi penduduk Indonesia di masa mendatang.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengungkapkan, hal ini menjadi perhatian serius dari pemerintah. Kebijakan yang menjawab kendala dari mahalnya harga tanah tadi akan menjadi fokus pertama pemerintah.

“Policy (kebijakan) ini terutama masalah tanah dulu. Kemudian masalah policy lain yang harus kita lihat, supaya nanti kenaikan harga rumah bangunan itu tidak terlalu ekstrem. Karena jika itu terjadi, kenaikan harga terkerek, sedangkan gaji tidak naik setara dengan itu, lama kelamaan gap antara kemampuan membeli dan mencicil rumah dengan pendapatan itu makin besar. Sehingga akibatnya tidak membikin orang mampu. Oleh karena itu kebijakan harga tanah itu penting,” katanya saat ditemui di acara Indonesia Property Forum di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Pemerintah sendiri saat ini tengah menyusun payung hukum untuk penyediaan land bank pemerintah. Nantinya pemerintah akan memiliki land bank yang berasal dari tanah-tanah terlantar di Indonesia, sehingga harga tanah yang telah dimiliki tak bakal naik sedemikian tinggi dan meminimalisir kegiatan spekulan. (Zainab/detik.com)

SHARE THIS: