Indonesia Akan Dibanjiri Produk Asing Berlabel Halal
Posted by redaksi2 on 5th December 2017
| 16 views
Sumber: republika.co.id

AktualPres.com˗˗ Indonesia Halal Watch (IHW)  menilai Indonesia  akan dibanjiri oleh produk-produk asing yang telah berlabel halal pada tahun depan.

Direktur Eksekutif IHW Iksan Abdullah menyampaikan, hal itu dapat terjadi karena masih banyak pelaku usaha Indonesia yang belum menganggap industri halal sebagai peluang bisnis penting. Padahal, industry halal sekarang menjadi trend global di dunia.

“Ini dikarenakan sikap mendasar dari pelaku usaha yang belum memiliki budaya awareness terhadap produk halal, padahal kenyataannya sekarang industri halal sedang menjadi trend global di dunia,” kata Iksan, Selasa (5/12).

Faktor lainnya adalah perhatian yang kurang dari pemerintah dalam memberikan fasilitas bagaiamana industri halal tumbuh dan berkembang. Hal ini dapat dilihat dari tidak efektifnya penerapan di lapangan terkait Undang Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) yang telah diundangkan pada 2014.

“Padahal lahirnya UU JPH diharapkan sebagai payung hukum dari semua regulasi halal. Ini yang kemudian juga berpengaruh pada tertinggalnya industri halal Indonesia dibandingkan dengan negara lain,” kata dia.

Sementara itu Deputi Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Pungky Sumadi mengungkapkan, Indonesia memang memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan produk halal, tetapi belum tergarap secara maksimal.

Salah satu potensi yang belum tergarap tersebut adalah potensinya untuk merambah pasar produk makanan halal di negara lain.

“Indonesia belum mencoba mengekspor makanan-makanan yang bisa disertifikasi halal itu ke luar negeri,” ucapnya.

Dia menuturkan, untuk mendorong hal tersebut, pemerintah sedang membuat semacam lembaga yang menjaga kualitas makanan-makanan yang beredar di luar negeri.

“Kita akan bergerak ke sana,” tandasnya. (Sihab/Republika)

SHARE THIS: