Aturan Pajak E-commerce Akan Ditetapkan Tahun Depan
Posted by redaksi2 on 8th December 2017
| 19 views
Sumber: liputan6.com

AktualPress.com— Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memastikan bahwa aturan pajak e-commerce akan ditetapkan mulai tahun depan.

saat ini, pemerintah masih mengkaji aturan pajak e-commerce. Darmin mengaku, ada beberapa yang harus dibahas oleh kementerian terkait aturan tersebut, seperti perkembangan e-commerce yang semakin pesat, mulai hadirnya Financial Technologi (Fintech) dan e-government.

“Masalah-masalah utama mengembangkan e-commerce, tapi bukan hanya e-commerce. Kami kemarin berbicara lebih ke hulu sedikit, mengenai ekonomi digital. Kalau ekonomi digital berarti bisa masuk e-commerce, bisa masuk fintech, bisa masuk e-government,” ujar Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (8/12).

Darmin menilai, pembahasan e-commerce tidak bisa dilakukan oleh satu kementerian saja. Hal itu juga menyangkut kementerian lain karena terkait dengan pola perdagangan internasional, serta penetapan tarif bea masuk.

Menurutnya, untuk menerapkan aturan pajak e-commerce banyak yang perlu dipertimbangan oleh pemerintah. Hal itu tidak hanya mengenai penerimaan negara saja, tapi juga perencanaan terhadap perkembangan e-commerce agar bisa bersaing di tingkat global.

“Kita harus kembangkan yang kita punya. Syukur-syukur market internasional,” ungkapnya. (Sihab/Kumparan)

SHARE THIS: