Perdagangan Laut Diprediksi Meningkat 5 Persen
Posted by redaksi2 on 9th December 2017
| 77 views
Sumber: republika.co.id

AktualPress.com— Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II atau Indonesia Port Corporation (IPC) Elvyn G Masassya memprediksi  tahun depan secara global aktivitas perdagangan laut akan meningkat 4-5 persen.

Elvyn G Masassya menyampaikan, untuk menyiapkan hal itu, IPC akan melakukan langkah proaktif dengan cara mengundang perusahaan-perusahaan kapal besar untuk masuk ke pelabuhan Indonesia.

“Kita akan segera menghubungi perusahaan-perusahaan kapal besar agar sebagian dari potensi kargo itu bisa langsung ke Indonesia, tidak perlu singgah misalnya ke Singapura atau negara lain,” ucapnya, di Jakarta, Jumat (8/12).

Selain itu, IPC juga telah menyiapkan strategi komersial, misalnya dengan memberlakukan diskon progresif serta insentif pada pengguna jasa pelabuhan. Dengan begitu trafik lalu lintas kapal di Indonesia pada tahun depan bisa lebih tinggi dibanding tahun ini.

“Kita berharap, paling tidak, bisa naik sekitar 12 persen tahun depan,” ujar Elvyn.

Elvyn menuturkan strategi komersial tersebut dilakukan agar perusahaan-perusahaan kapal lebih tertarik untuk singgah ke pelabuhan Indonesia. Dia juga yakin bahwa tahun depan akan terjadi peningkatan tersebut.

Hal itu karena aktivitas perdagangan secara global juga diprediksi meningkat lantaran harga komoditas yang mulai membaik. (Sihab/Republika)

 

 

SHARE THIS: