Literasi Tentang Asuransi Masih Rendah
Posted by redaksi2 on 10th December 2017
| 22 views
Sumber: koran-jakarta.com

AktualPress.com˗˗ Pemerintah telah menargetkan pada 2019 tingkat literasi keuangan di Indonesia bisa mencapai 75 persen. Akan tetapi, tingkat pemahaman masyarakat tentang asuransi masih rendah.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di 2017 mencatat, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76 persen, turun dari survei tahun 2013 lalu di angka 17,84 persen. Sedangkan tingkat utilitas mencapai 12,08 persen, tidak ada perubahan signifikan dari survei 2013 sebesar 11,81 persen.

Data tersebut mengungkapkan bahwa dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi. Adapun yang menggunakan jasa asuransi hanya 12 orang.

Dalam hal ini, OJK berupaya untuk menggenjot tingkat pemahaman masyarakat terkait asuransi. Pasalnya, diharapkan mampu berkontribusi secara signifikan dalam peningkatan literasi keuangan di Indonesia.

Untuk itu, OJK menggelar Insurance Day atau Hari Asuransi 2017 yang memberikan berbagai acara yang mendukung pemahaman asuransi di 10 kota di Indonesia.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK, Riswinandi menyampaikan, pihaknya mendukung program-program yang bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang literasi keuangan.

Dia menilai, program Hari Asuransi 2017 sejalan dengan tugas OJK dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan keuangan, di mana salah satu caranya adalah dengan memiliki polis asuransi.

“Peran industri perasuransian dalam pembangunan nasional perlu terus didorong agar mampu berpartisipasi aktif mewujudkan perekonomian nasional yang mampu tumbuh secara stabil dan berkelanjutan,” kata Riswinandi di Padang, Sabtu (9/12) . (Sihab/Republika)

 

 

SHARE THIS: